Pelibatan LPM Bisa Akselerasi Pembangunan Desa

BANDUNG – Pembangunan desa tidak akan maksimal tanpa sinergitas Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam hal perencanaan. Ini penting dalam hal akselerasi terkait realisasi pembangunan.


Hal ini mengemuka dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) LPM Provinsi Jabar yang digelar di Kabupaten Subang, akhir pekan lalu dihadiri perwakilan LPM se-Jabar dengan unsur Ketua, Sekretaris, dan Bendahara sebanyak 108 orang.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) menilai upaya itu pun sekaligus memberdayakan LPM yang ada di desa atau kelurahan. “Optimalisasi seluruh tenaga LPM tersebut bertujuan untuk menghadirkan terobosan untuk mendukung program unggulan,” ucap dia.

Sementara itu, Ketua DPD LPM Jabar Tatang Suratis mengatakan, langkah pertama yang harus dilakukan oleh LPM adalah memasuki ranah perundang-undangan sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

“Hal ini dapat dimulai dengan perencanaan penyusunan peraturan daerah atau peraturan gubernur terkait peran dan fungsi LPM yang harus diberdayakan kembali oleh pemerintah dan dilibatkan dalam pemberdayaan dan pembangunan,” jelas Tatang.

“Saya juga berharap para LPM memberikan masukan terkait konsep pembangunan dan hal apa saja yang akan digarap oleh LPM di Jabar,” pungkasnya. (cr1)

Loading...

loading...

Feeds