Masalah Bulog Harus Segera Dibenahi dengan Dua Langkah Strategis

Bandung – Kondisi Perum Bulog sebagai penyangga stok beras nasional saat ini kondisinya hampir kolaps. Hal ini harus segera dibenahi dengan kebijakan strategis.


Hal ini terungkap dalam rapat dengar pendapat bersama Dirut Bulog Budi Waseso, di DPR RI, Senayan, Jakarta, belum lama ini.

Wakil Ketua Komisi IV, Dedi Mulyadi menilai ada dua langkah besar yang harus diambil untuk menyelamatkan Bulog. Yang pertama soal penyaluran  dan pembelian gabah hasil panen berjalan.

“Bulog mesti diberikan peran untuk pengadaan dan penyaluran beras untuk warga miskin dalam bentuk program bantuan pangan non tunai,” kata Dedi dalam keterangan resmi, Rabu (6/11/2019).

Selanjutnya,  harus ada penggantian Bulog secara kelembagaan menjadi Badan Ketahanan Pangan Nasional. Nantinya, mereka bertugas untuk pengadaan stok pangan nasional dan bertugas untuk penyediaan bahan pangan, menjaga stabilitas harga pangan secara nasional.

Lembaga ini juga yang melakukan analisa perlu atau tidaknya impor pangan. Tingkatannya pun harus setingkat menteri dan di bawah tanggungjawab preisiden langsung.

“Dengan demikian badan ini akan kuat dan strategis,” tuturnya.

Sebelumnya dalam rapat kerja tersebut Budi Waseso menjelaskan kondisi Perum Bulog sebagai penyangga stok beras nasional saat ini kondisinya hampir kolaps. Beban utang tinggi, dan stok beras 900 ribu ton dari impor, terancam tak bisa dimanfaatkan. Semua itu menjadi beban Bulog.

“Kurang lebih ada 20 ribu ton beras sudah dikarantina, karena rusak parah dan membahayakan untuk dikonsumasi. Bulog juga terancam rugi cukup besar dengan kondisi ini,” tandasnya.

Stok beras di gudang Bulog saat ini mencapai 2,2 juta ton. Namun Bulog tak bisa menyalurkan beras tersebut, tanpa perintah dari pemerintah. Idealnya, beras tersebut disalurkan, sehingga saat musim panen pada Maret 2020 bulog bisa mencicil utang yang saat ini didera.

“Saat ini utang Bulog sebesar Rp.28 triliun, dengan bunga setiap hari Rp 9 miliar. Kondisi ini membuat Bulog dalam kondisi berat” pungkasnya.

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …