Pengembangan Pariwisata Telan Ratusan Miliar

FOTO UDARA: Puluhan perahu berjejer rapi di Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran. Pemprov Jabar terus mempersolek Pantai Pangandaran sebagai destinasi wisata favorit.(FOTO:IST)

FOTO UDARA: Puluhan perahu berjejer rapi di Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran. Pemprov Jabar terus mempersolek Pantai Pangandaran sebagai destinasi wisata favorit.(FOTO:IST)

pojoksatu.com,BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menegaskan, salah satu visi selama menjabat adalah menjadikan wilayah yang dipimpinnya jadi provinsi pariwisata. Selain memiliki fokus memperbaiki akses dan pengembangan destinasi, ia meluncurkan aplikasi sebagai salah satu infrastruktur pendukung bernama Smiling West Java.


Emil sapaan Ridwan Kamil mengatakan, pariwisata harus menjadi lokomotif ekonomi Jawa Barat karena potensinya sudah ada. Industri ini dianggap bisa menumbuhkan dan memberikan kesejahteraan multidimensi kepada masyarakat. Terlebih, dari data yang dimiliki, sejauh ini Jawa Barat dikunjungi 60 juta wisatawan domestik setiap tahun. Kebanyakan dari mereka datang untuk menikmati alam.

“Saya berkomitmen Jawa Barat harus menjadi provinsi pariwisata. Jika industri ini tumbuh, maka akan banyak lapangan pekerjaan, peluang pun terbuka untuk yang ingin berbisnis. Masyarakat bisa membuka warung, menawarkan jasa penginapan dan lain-lain,” kata Emil saat ditemui di acara West Java Festival, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, akhir pekan lalu.

“Ini membuat kesempatan bagi semua orang dari kelas kecil sampai kelas besar, dari tukang parkir hingga konglomerat, semua punya peluang,” ia melanjutkan.

Selain mengembangkan destinasi yang sudah ada, Emil mengaku terus mencari sejumlah obyek wisata tak populer di Jawa Barat untuk dikembangkan. Dukungan perbaikan infrastruktur dan promosi pun terus berjalan. Anggaran yang disiapkan untuk merealisasikan visi dan misinya berada dikisaran Rp500 miliar, dipecah pula untuk event atau wisata kota.

“Kami memperbaiki akses ke puncak gunung, danau kelautan dan lain-lain. Untuk pariwisata pantai kami siapkan Rp80 miliar digunakan memperbaiki (infrastruktur) pantai, seperti membuat breakwater agar wisatawan bisa berenang. Tahun depan ada pesawat ke Pangandaran,” ungkapnya.

Loading...

loading...

Feeds

Sari Ater Tetap Jadi Pilihan Wisata

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Merebaknya virus corona di Kota Wuhan,Tiongkok tidak berdampak signifikan terhadap kunjungan wisatawan ke Kabupaten Subang. Sampai saat …

Semakin Padu dengan Duet Anyar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Satu bulan bergabung dengan Persib Bandung, Wander Luiz mengaku adaptasi bersama tim sudah semakin baik. Itu terbukti …

Penagih Hutang Dihajar Gas Melon

POJOKBANDUNG.com, CIWIDEY – Karena malu ditagih hutang, seorang ibu rumah tangga diduga melakukan penganiayaan dengan cara memukul penagih dengan tabung …

Pemkot Rumuskan 13 Fokus Pembangunan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan fokus pada 13 agenda pembangunan diberbagai sektor pada 2021. Agenda tersebut sejalan …

Ruhimat Janji Beri Bantuan ke Petani

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Petani di Kabupaten Subang akan mendapat bantuan dari pemerintah. Bantuan yang akan diberikan yakni, ketersediaan lahan, bibit …