Wisata yang Sangat Ekonomis Kawah Rengganis

WISATA : Pengunjung menikmati kolam pemandian air panas di Wisata Kawah Rengganis, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Minggu (3/11/2019) (FOTO:FIKRIYA ZULFAH/RADAR BANDUNG)

WISATA : Pengunjung menikmati kolam pemandian air panas di Wisata Kawah Rengganis, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Minggu (3/11/2019) (FOTO:FIKRIYA ZULFAH/RADAR BANDUNG)

pojoksatu.com,RANCABALI – Beberapa spot wisata seperti pemandian air panas alami, pemadian lumpur, dan kuliner dapat dinikmati di Wisata Kawah Rengganis, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.


Kawah Rengganis terbentuk dari letusan Gunung Patuha yang juga menciptakan kawah lainnya yaitu Kawah Putih. Kawah Rengganis terletak disebelah kiri jalan dan untuk gerbang masuknya terdapat papan yang bertuliskan Kawah Rengganis.

“Kalau dari jalan aspal hingga ke tempat pemandian itu kira-kira 700 meter,” ucap Pengelola Kawah Rengganis, Nana (69), Minggu (3/11/2019).

Nana menambahkan ada beberapa fasilitas pendukung di Wisata Kawah Rengganis seperti saung, toilet, mushola dan tentunya kolam pemandian air panas.

“Untuk saung kita tidak mematok harga, hanya partisipasinya saja dari pengujung untuk perawatan kolam dan kebersihannya juga,” tambah Nana.

Menurut Nana, pengelolaan Wisata Kawah Rengganis ini masih dikelola oleh penduduk setempat tetapi sudah mendapatkan izin dari Pemerintah Desa setempat.

“Jumlah pengujung hanya ada 1000 Orang dan hasil keuntungannya dibagikan kepada warga setempat,” tutur Nana.

Sementara itu, salah seorang pengunjung, Syarifah Nurrohmah (24), mengungkapkan Wisata Kawah Rengganis merupakan tempat rekreasi yang belum banyak didatangi orang dan juga harganya murah meriah.

“Kita hanya membayar parkir motor sebesar Rp. 5.000,” ungkap Syarifah.

Syarifah mengapresiasi Wisata Kawah Rengganis yang cukup menyenangkan tetapi sedikit kecewa dengan akses jalan menuju tempat pemandian kolam air panas yang agak jauh dan menanjak.

“Jalan menuju pemandian air panas hanya bisa dilalui oleh motor, jika membawa mobil maka harus berjalan cukup jauh,” pungkas Syarifah.

(cr1)

Loading...

loading...

Feeds

Tarif PPh Turun, WP Diimbau Segera Lapor SPT

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA–Sesuai Perppu 1 Tahun 2020 pemerintah telah menurunkan tarif pajak penghasilan badan dari sebelumnya sebesar 25 persen menjadi 22 …