Cikole Forrest Run, Ajang Lari Sekaligus Edukasi Menjaga Lingkungan

Bandung – Event lari bertajuk Cikole Forrest Marathon siap digelar di Lembang, Kabupaten Barat (KBB) pada Minggu 8 Desember 2019. Selain olahraga, acara ini merupakan bagian dari edukasi menjaga lingkungan dan hutan kepada masyarakat.


Para peserta marathon memulai lomba di area Green Grass yang merupakan kawasan hutan Perhutani. Di sepanjang trek lari, mereka akan dimanjakan dengan pemandangan alam dan bentangan rumput serta pepohonan.

Teguh Fadillah selaku Direktur Wievent mengatakan ada dua kategori yang bisa diikuti, yakni fun run dengan jarak tempuh 6,5 km. Kategori ini dikhususkan bagi pelari pemula. Lalu, ada kategori fun race dengan jarak tempuh 15 km.

“Fun run fokus rutenya tidak ekstrem. Fun race, ada hadiahnya Rp 3,5 juta, Rp 2 juta dan Rp 1 juta. Dua kategori ini terbuka untuk pria dan wanita,” ujar dia saat konferensi pers di Bandung, Minggu (3/11/2019)

Alasan pemilihan area hutan Cikole sebagai trek lari karena ingin konsep yang beda. Terlebih, area kota sudah dinilai tidak kondusif karena aktivitas lalu lintas di Kota Bandung sudah padat.

“Ini juga mengenalkan beberapa tempat seperti hutan lindung dan lain-lain. Ya ini juga sekaligus media edukasi pentingnya menjaga hutan dan alam,” kata dia.

“Ini masih terbuka. Semua informasi untuk pendaftaran bisa dicek di website cikoleforestrun.co.id,” ia melanjutkan.

Di tempat yang sama, General Manager KBM Ecotourism Perum Perhutani Divre Jawa Barat-Banten Wismo Tri Kancono menilai kegiatan ini menjadi salah satu upaya dalam menumbuhkan kembali kawasan Kabupaten Bandung Barat  pascabencana alam erupsi di Gunung Tangkuban Parahu.

“Saya berharap event tersebut bisa menarik wisatawan kembali. Kunjungan wisatawan di Lembang agak sepi setelah kemarin Gunung Tangkuban Parahu erupsi,” pungkasnya. (fid)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …