Warga Kampung Baros Dapat Kiriman Sampah

PENCEMARAN : Tumpukan sampah di Kali Cikuya Kampung Baros RT 4/11, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.
(FOTO:GATOT POEDJI UTOMO/RADAR BANDUNG)

PENCEMARAN : Tumpukan sampah di Kali Cikuya Kampung Baros RT 4/11, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi. (FOTO:GATOT POEDJI UTOMO/RADAR BANDUNG)

pojoksatu.com,CIMAHI – Warga Kampung Baros RT 4/11, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi geram dengan ulah orang yang tidak bertanggungjawab atas numpuknya sampah di sungai.


Tumpukan sampah di Kali Cikuya itu hampir tak nampak seperti sungai akibat terhalang sampah yang menghampar. Jenis sampah seperti botol, plastik, hingga berbagai bentun sterofom mendominasi pencemaran sungai tersebut. Selain itu, kondisi air juga berwarna hitam dan hijau serta tercium bau tak sedap.

Ketua RT Kasiman (60) mengatakan tumpukan sampah ini datang dari hulu dan imbasnya sampah menumpuk diwilayahnya. Oleh sebab itu, ia dan warga lainnya mersa dirugikan.

“Padahal belum lama ini warga sudah kerjabakti mengangkat tumpukan sampah. Aneh baru beberapa hari kiriman sampah sudah banyak lagi,” kata Kasiman.

Dia menambahkan, bagi warga yang berada di hulu aliran sungai Cikuya jangan lagi membuang sampah ke sungai lantraran wilayahnya yang kena dampak buruknya. Terlebih sebentar lagi memasuki musim hujan.

“Tentu khawatir daerah kami diterjang banjir. Kalau sudah terjadi siapa yang mau tanggungjawab? Warga di hulu? Gak mungkin,” ungkapnya.

Sementara itu warga lain yang bekerja di samping sungai, harus rela menghirup bau udara yang tidak baik bagi kesehatan.

Salah seorang pekerja mengaku, sejauh ini bau di area pekerjaannya cukup mengganggu. Lantaran pada saat menghirup bau tersebut ia dan pekerja lainnya merasa mual.

“Kalau pas dating baunya suka mau muntah, sarebel kang,” kata Rosid (40).

Kata dia, warga sekitar sudah sering membersihkan apabila ada tumpukan sampah di kali tersebut. Bahkan mereka (warga) punya program bersih-bersih sampah untuk menciptakan lingkungan yang sehat.

“Kasian warga baru bebersih udah dikotorin lagi,” ucapnya.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

RINTIS: Ulfah Nurfebrianti pemilik dari dorokdokcu berfoto bersama camilan yang diproduksinya.

Gabung Flatfrom Grab, Usaha Dorokdokcu Melejit

POJOKBANDUNG.COM, Belum pernah terpikirkan sebelumnya di benak Ulfah Nurfebrianti, di usianya yang ke-25, mojang asli Bandung ini sukses merintis usaha …
karate

Karate Jabar Sumbang Medali Emas

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Cabang olahraga (cabor) Karate Jawa Barat berhasil menyabet satu medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (Popnas) XV tahun …
Fokus

Fokus Kaji Pemilihan yang Murah

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta pemerintah fokus mengkaji Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara langsung dengan biaya yang …