Penataan Malela Capai 75 Persen

MENIKMATI : Pengunjung menikmati pemandangan Curug Malela, Kecamatan Rongga, KBB. IST

MENIKMATI : Pengunjung menikmati pemandangan Curug Malela, Kecamatan Rongga, KBB. IST

pojoksatu.com,RONGGA – Pembangunan dan penataan objek wisata plasa Curug Malela di Kecamatan Rongga, yang menghabiskan anggaran Rp 3 miliar dari bantuan keuangan (Bankeu) Gubernur Jawa Barat tahun anggaran 2019 itu baru selesai 75 persen.


Hal itu diketahui setelah Komisi II DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan inspeksi mendadak (sidak) proyek untuk melihat langsung progres pembangunan dan penataan objek wisata Curug Malela pada Selasa (29/10/2019).

“Kami ingin melihat sejauh mana pekerjaan yang sudah dilakukan. Hasil pantauan, pekerjaan sudah sekitar 75 persen. Masih ada waktu sampai target yang direncanakan,” kata Ketua Komisi II DPRD KBB Sundaya, kemarin.

Sundaya mengungkapkan, anggaran pembangunan dari bankeu Gubernur Jabar senilai sekitar Rp3 miliar itu dinilai belum bisa mengnutup semua total biaya pekerjaan untuk melengkapi kebutuhan fasilitas penunjang di Curug Malela.

Anggaran itu hanya cukup pada pembangunan plasa atau altar, shelter, anjungan selfi, toilet, penataan taman, dan pedestrian sepanjang 120 meter. Sementara untuk akses jalan dari plasa ke lokasi curugnya masih belum tercover pembangunan.

Hal itu menurutnya, membuat Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) harus melihat kemampuan APBD KBB kedepan apakah bisa menganggarkan untuk penataan akses jalan atau tidak.

“Atau Pemda KBB mencari pihak ketiga yang mau menginvestasikan modal karena kebutuhan anggaran masih sangat besar. Karena akses jalan dari Kecamatan Rongga ke lokasi curug juga harus diperlebar termasuk pembuatan terminal agar kendaraan dan bus besar bisa masuk,” ungkapnya.

Jika semua daya dukung itu terbangun, Sundaya optimistis bahwa potensi besar yang ada di Curug Malela dan sekitarnya sepenuhnya dapat dimaksimalkan.

“Ini (objek wisata Curug Malela) potensinya luar biasa. Bukan hanya bicara pariwisata saja tapi juga pengembangan usaha ekonomi kerakyatan yang menjadi ikon KBB. Seperti dari kopi, pertanian, peternakan, dan lain-lain,” ujar politisi Partai Gerindra ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) KBB Sri Dustirawati menuturkan, progres pekerjaan pembangunan plasa Curug Malela sudah mencapai sekitar 85 persen. Disparbud KBB akan menyampaikan progres di lapangan sekaligus ekspose di provinsi dengan harapan anggaran ke Curug Malela bisa kembali ditambah tahun depan.

Anggaran itu, ujar Sri, dibutuhkan untuk pembangunan akses jalan hingga ke tempat parkir. “Harapan kami semoga Pak Gubernur Ridwan Kamil bisa menambah lagi bantuan untuk pembangunan akses jalan yang nyambung ke area parkir camping ground, amphiteater mini untuk pertunjukan, gallery craft, foodcourt, track motor, dll,” tandas Sri.

(bie)

Loading...

loading...

Feeds

bpjs

BPJS TK Sosialisasikan Empat Program Jaminan

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandung Lodaya gencar sosialisasikan program- program BPJS Ketenagakerjaan kepada masyarakat luas. Salah satunya melalui …
pos

Warga ‘Serbu’ Pos Gatur Andalas

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebagai pelayan masyarakat, banyak cara yang dilakukan oleh polisi untuk mendekatkan diri. Seperti yang dilakukan oleh jajaran …
dpr ri

Aturan Mentan Dikecam DPR RI

POJOKBANDUNG.com,Peraturan menteri pertanian terkait kewajiban tanam bagi importi bawang putih menuai kritik tajam. Salah satunya dari Ketua Komisi IV DPR …
sd

Seolah Tak Menghiraukan Peraturan Pemerintah

POJOKBANDUNG.com,SUBANG – Keberadaan perusahaan sapi perah PT. Agri Prima Sukses (APS) yang berlokasi di Kp. Jabong desa Curugrendeng, Kecamatan Jalancagak, …