BPJS Kesehatan Beri Pemahaman ke Ormas untuk Program JKN -KIS

Yusuf dan Ara

Yusuf dan Ara

POJOKBANDUNG.com –  Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat terhadap penyelenggaraan Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Soreang ajak Organisasi Masyarakat (Ormas) Manggala Garuda Putih DPC Kabupaten Bandung untuk berdiskusi terkait isu-isu program Jaminan Kesehatan Nasional di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Soreang, Rabu (30/10).


Sekretaris Ormas Manggala Garuda putih DPC Kabupaten Bandung Yusuf mengatakan bahwa selama ini Ormas Manggala Garuda Putih selalu giat dalam melakukan penyampaian aspirasi masyarakat terkait isu-isu yang beredar di masyarakat, salah satunya terkait pelayanan kesehatan yang dirasakan oleh sebagian peserta JKN-KIS. Dengan begitu, diskusi yang dilaksanakan sebagai momen untuk menyampaikan masukan terhadap penyelenggaraan Program JKN-KIS dan menggali informasi terkait program tersebut.

“Tujuan kami untuk berdiskusi, saling bertukar pikiran satu sama lainnya apa yang terjadi dengan BPJS Kesehatan, karena ada beberapa isu di masyarakat sehingga kami harus menanyakan kebenaran informasi kepada BPJS Kesehatan,” ucap Yusuf.

Sebelumnya, Ormas Manggala Garuda Putih telah menyampaikan bahwa mereka ingin bertemu dengan pihak BPJS Kesehatan Cabang Soreang untuk mengadakan pertemuan atau audiensi. Yusuf menambahkan bahwa setelah adanya diskusi, mereka jadi tahu betul terhadap penyelenggaraan Program JKN-KIS. Dirinya mengakui bahwa kontribusi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan kepada masyarakat sangat besar. Menurutnya, keluhan yang dirasakan oleh masyarakat sebenarnya salah dari mereka sendiri yang tidak mengetahui alur pelayanan.

“Ternyata setelah mendengar penjelasan dari BPJS Kesehatan, saya rasa kami yang merasa kurang mendapatkan informasi dan ternyata faktanya tidak seperti isu-isu yang beredar di masyarakat. Kami sudah paham bahwa Program JKN-KIS ini sangat besar sekali manfaatnya, bagi yang merasa tidak dilayani di rumah sakit, kita harus paham dulu alur dan proses pelayanan kesehatannya. Saya juga sebagai peserta JKN-KIS walau kelas 3 dan belum pernah berobat tapi alhamdulillah saya bisa rutin bayar iurannya agar dapat membantu peserta lainnya yang sakit,” ujar Yusuf

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Soreang Fahrurozi menyambut baik kedatangan dari Ormas Manggala Garuda putih DPC Kabupaten Bandung ke kantornya. Dengan adanya diskusi ini, dirinya merasa menjadi tahu bagaimana yang dialami oleh masyarakat selama mengakses pelayanan kesehatan di era JKN-KIS ini. Dengan begitu, Fahrurozi akan menindaklanjuti apa yang menjadi kerasahan peserta terhadap akses pelayanan kesehatan.

“Saya hargai penyampaian pendapat seperti ini, dengan keadaan yang tenang, saling bertukar pikiran, kalau ada keresahan di masyarakat terkait BPJS Kesehatan, baiknya datang langsung ke kami, bersurat terlebih dahulu, lalu kita jadwalkan untuk bertemu,” ucap Fahrurozi.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …