Mahfud MD Initiative Gelar Pelatihan tentang Pancasila Menangkal Radikalisme

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ratusan mahasiswa mengikuti sekolah Pancasila Muda yang diselenggarakan lembaga Mahfud MD (MMD) Initiative. Mereka diproyeksikan menangkal konten radikalisme di media sosial yang dinilai semakin vulgar.


Rizqi jong, Inisiator Sekolah Pancasila Muda mengatakan dalam sekolah ini para peserta mengikuti pelatihan kelas menulis dan berkaitan dengan konten di media sosial yang menitikberatkan pentingnya pancasila.

“Saat ini akses media sosial semakin mudah dan luas. Isu radikalisme pun makin vulgar berseliweran. Sekolah ini mengajak kaum milenial memberikan pandangannya soal pancasila di media sosial,” ucap dia saat ditemui di sela acara, Selasa (29/10/2019).

Hal itu sebagai bagian dari upaya menangkal pemahaman radikalisme yang biasanya disebarkan oleh akun-akun anonim. Untuk itu, para peserta dituntut mengkaji setiap isu yang terjadi di media sosial agar pesan yang disampaikan bisa tepat dan mudah dicerna oleh warganet.

Rizqi memilih tak ambil pusing ketika program Sekolah Pancasila Muda akan dianggap sebagai bagian membentuk buzzer pemerintah di dunia maya. Menurutnya, ada banyak perbedaan mendasar. Para peserta tetap harus kritis terhadap kebijakan pemerintah.

“Kita tidak membentuk buzzer. Mereka memang nantinya diminta berperan aktif di media sosial dalam bentuk komunitas. Tapi haris fokus mengkaji isu yang terjadi. Mereka bisa mengkritisi pemerintah,” terang dia.

“Tapi memang fokusnya kami merangkul milenial untuk ikut menangkal konten radikalisme. Karena ini kan berbahaya, bisa memecah belah,” ia melanjutkan.

Sebekum di Kota Bandung, acara ini ia sebut sudah diselenggarakan di Kota Jakarta dan Bogor. Program ini ia sebut akan terus dilakukan di kota-kota lain.

“Para peserta memang kami batasi 100 orang. Sebelumnya mereka daftar secara online. Jadi, pelatihan ini gratis,” imbuhnya.

(fid)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Menumpuk di Pasar Gedebage

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Terjadi penumpukan sampah di Pasar Gedebage, Kota Bandung, Senin (17/5). Tumpukan sampah disebut terjadi menjelang lebaran, akibat …