Peringati Hari Sumpah Pemuda dengan Mengajak Warga Bersihkan Sungai

PURWAKARTA – Ribuan warga membersihkan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cilamaya. Hal ini dilakukan dalam rangka aksi nyata dalam membenahi lingkungan pada peringatan hari Sumpah Pemuda.


Anggota DPR RI Dedi Mulyadi bersama ribuan warga mulai turun di wilayah jembatan Cilamaya berada di Kecamatan Cibatu, Purwakarta yang juga perbatasan Kabupaten Subang dan Kabupaten Purwakarta. Mereka membersihkan sampah yang banyak mengotori aliran sungai.

Di sela acara, Dedi mengatakan bahwa Sumpah Pemuda harus diikuti dengan sikap nyata agar tidak terjebak pada kegiatan seremonial.  “Kegiatan bersih-bersih sungai Cilamaya ini dilakukan karena memiliki peran sangat vital bagi kehidupan masyarakat subang dan karawang dan Purwakarta, sekarang masyarakat diajak membersihkan sungai,” ujar dia, senin (28/10/2019).

Selanjutnya, upaya yang dilakukan adalah membuat regulasi dalam pengelolaan sampah terutama di wilayah pedesaan termasuk di wilayah sekitar aliran sungai. Selain mendorong Industri sekitar wilayah DAS Cilamaya, untuk membuat IPAL Komunal Dedi pun akan mendorong regulasi pengelolaan sampah di lingkungan masyarakat khususnya di pedesaan.

Regulasi dan saran yang akan didorongnya, keterkaitan pengelolaan sampah di desa dengan bantuan keuangan desa. Menurut Dedi hal tersebut harus didorong,apalagi membangun kesadaran dalam lingkungan cukup susah.

Menurutnya, hal tersebut perlu didorong terlebih masih sangat rendahnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan termasuk membangun tata pengelolaan sampah.

“Apabila Kepala desanya belum bisa membuat sistem pengelolaan sampah bisa jadi ada penilaian dalam bantuan keuangan desa baik pusat maupun daerah, kalau enggak dipaksa model begitu susah ya kita paksa saja agar dana bantuan desa bisa membangun peradaban manusia,” jelasnya. (*)

Loading...

loading...

Feeds