BPJS Kesehatan dan Kejati Jabar Perkuat Komitmen Penegakan Kepatuhan

KERJA SAMA: BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jabar dan Kejati Jabar melakukan perpanjangan Kesepakatan Bersama sebagai percepatan Universal Health Coverage dan penegakan kepatuhan Program JKN-KIS.

KERJA SAMA: BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jabar dan Kejati Jabar melakukan perpanjangan Kesepakatan Bersama sebagai percepatan Universal Health Coverage dan penegakan kepatuhan Program JKN-KIS.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jawa Barat, kembali bersinergi melakukan perpanjangan Kesepakatan Bersama dengan Kejaksaan Tinggi Provinsi Jawa Barat. Komitmen itu dilakukan sebagai percepatan Universal Health Coverage dan penegakan kepatuhan Program JKN-KIS.


Kegiatan penandatangan Kesepakatan Bersama ini dilanjutkan dengan acara Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Semester II pada Senin (28/10/2019). Forum ini dihadiri Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jawa Barat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Jawa Barat, serta anggota ADHOC.

Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Jawa Barat, diwakili Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Jawa Barat, Wilhelminus Lingitubun selaku ketua dalam forum koordinasi memaparkan, kerjasama ini meliputi kegiatan dalam bidang hukum Perdata dan Tata Usaha Negara (DATUN), berupa pemberian Bantuan Hukum, Pertimbangan Hukum dan Tindakan Hukum Lain, serta yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan Program JKN-KIS.

Kerjasama dengan Kejaksaan Tinggi Provinsi Jawa Barat ini menindak lanjuti dari Nota Kesepakatan Bersama antara Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejasaan Republik Indonesia dan BPJS Kesehatan Kantor Pusat Nomor 18/MOU/0816 dan Nomor B-326/G/Gs.1/08/2016.

“Kami harap bantuan dari Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Negeri khususnya dapat mendongkrak badan usaha untuk membayarkan iuran kepada BPJS Kesehatan. Untuk instansi terkait pun harus mendukung Program JKN-KIS dalam hal penegakan kepatuhan,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Direksi Wilayah Jawa Barat, Siswandi menambahkan, Kesepakatan Bersama yang dilaksanakan di tingkat provinsi adalah sebagai payung hukum untuk Kejaksaan Negeri dan BPJS Kesehatan yang berada Kabupaten/Kota, yang sebelumnya telah habis masa berlaku pada Juni 2019.

“Kami mengharapkan Kesepakatan Bersama merupakan bentuk komitmen dan tekad kuat dalam mewujudkan penyelenggaraan Program JKN-KIS,” jelas Siswandi.

Setelah Kesepakatan Bersama ini ditandatangani, BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah Jawa Barat bersama Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, mengadakan Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan Semester II di Tahun 2019.

“Tujuannya melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan dalam rangka peningkatan cakupan kepesertaan, kepatuhan pemberian data yang lengkap dan benar, dukungan regulasi dan pemantapan strategi yang telah disusun,” terangnya.

Dalam pembahasan Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan, BPJS Kesehatan dengan Kejaksaan Jawa Barat sudah melakukan Surat Kuasa Khusus (SKK) terhadap 844 badan usaha dengan capaian iuran sampai September 2019 sebesar Rp3.814.236.689.

“Kami selaku lembaga Pemerintahan mendukung penuh adanya Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan, karena program JKN-KIS adalah strategi Nasional yang harus kita bangun bersama-sama,” pungkasnya.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

cipali

Tol Cipali KM 40-86 Rawan Kecelakaan

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat mengimbau masyarakat yang akan menggunakan Tol Cipali untuk mewaspadai kecelakaan. Kecelakaan …
MK

Sepakat Takkan Usung Eks Koruptor

POJOKBANDUNG.com, Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian gugatan terkait pencalonan mantan narapidana korupsi untuk maju dalam gelaran Pilkada. Dalam putusan MK, …

Rumah 2 Lantai Hanya Rp 900 Jutaan di Bandung

Podomoro Park Bandung yang dipersembahkan oleh Agung Podomoro Land sebelumnya telah berhasil meluncurkan hunian resort satu lantai klaster Padmagriya tahap …