Bank Bjb Ajak Milenial Literasi Keuangan

LITERASI KEUANGAN : Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi saat membuka Festival Literasi Keuangan 2019 di Cikapundung River Spot, Kota Bandung, Sabtu (26/10).

LITERASI KEUANGAN : Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi saat membuka Festival Literasi Keuangan 2019 di Cikapundung River Spot, Kota Bandung, Sabtu (26/10).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dalam upaya mengenalkan literasi keuangan kepada masyarakat khususnya kalangan milenial, bank bjb kembali menggelar Festival Literasi Keuangan (FLK) yang berlangsung di Cikapundung River Spot, Sabtu (26/10/2019).


Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pengenalan lebih luas mengenai produk keuangan dari perbankan, asuransi, investasi dan instrumen keuangan lainnya kepada masyarakat umum terutama generasi milenial yang menjadi target utama dalam acara ini.

Selain itu, juga dilakukan akuisisi/penjualan produk keuangan kepada masyarakat agar mereka bersentuhan langsung dengan dunia industri jasa keuangan nasional.

“Generasi muda memiliki peranan penting dalam menentukan wajah Indonesia di masa depan. Karena itu, sudah saatnya bagi generasi muda Indonesia untuk mengenal dan mengetahui lebih banyak peran serta beragam fasilitas dan produk industri jasa keuangan agar bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Pengetahuan mendalam tentang seluk-beluk industri keuangan sangat penting ditumbuhkan karena industri ini adalah salah satu pilar terbesar yang menopang perekonomian nasional,” kata Yuddy.

Acara ini digelar berkat kerja sama bank bjb dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bank Indonesia (BI) Jawa Barat dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional 2 Jawa Barat.

Menurutnya, pengetahuan dan pemahaman masyarakat, khususnya generasi muda, terkait dunia industri keuangan ini akan dieksplorasi lebih jauh dalam talkshow yang diselenggarakan. Talkshow yang mengusung tema

“Kemandirian Finansial Bagi Milenial” diisi oleh para pembicara berlatar belakang pelaku usaha sukses dari kalangan milenial seperti PT. Crowde, blibli.com dan Fourspeed Metalwerks dengan moderator yang dapat mewakili kaum milenial yaitu Pandji Pradiwaksono.

Sebelumnya, bank bjb juga telah ikut merangkul generasi milenial yang berada di kampus-kampus besar agar mereka lebih melek literasi dan inklusi keuangan. Beriringan dengan program “one student one account”, bank bjb menyelenggarakan Roadshow Seminar Goes to Campus yang diselenggarakan di beberapa universitas, antara lain Universitas Pasundan (Unpas), Universitas Islam Nusantara (Uninus), Institut Manajemen Koperasi Indonesia (IKOPIN) serta Institut Pertanian Bogor (IPB). Rangkaian seminar yang total dihadiri 1.444 peserta ini juga dihelat di Kantor bank bjb Cibinong dengan peserta dari kalangan wirausaha.

Selain kegiatan seminar yang diisi oleh pembicara dari OJK, bank bjb, akademisi dan praktisi, telah dilakukan sosialisasi produk bjb Tandamata SiMuda dengan harapan meningkatkan awareness mahasiswa akan manfaat kepemilikan rekening tabungan yang lebih bermanfaat dimasa datang. Dalam helatan event, bank bjb juga terlibat aktif dalam menjaring minat dan perhatian generasi milenial untuk berkunjung dan mengetahui lebih jauh tentang seluk-beluk dunia industri jasa keuangan nasional.

“Caranya bank bjb di antaranya menghadirkan atmosfer desain bertemakan milenial pop art dan melakukan pemasaran secara langsung dengan cara pembukaan rekening tabungan bjb SimPel dan bjb Tandamata SiMuda disertai program-program menarik dan hadiah beragam yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kegemaran kaum milenial,” terangnya.

Tak sampai di situ, kemeriahan dalam FLK 2019 dari bank bjb juga dihadirkan dalam bentuk lain. Setumpuk program hadiah langsung ditawarkan kepada para peserta yang memanfaatkan layanan jasa keuangan bank bjb.

Perseroan menyediakan berbagai hadiah seperti stationary kit bagi pengunjung yang membuka rekening bjb SimPel, voucher menarik bagi pengunjung yang berbelanja menggunakan kartu debit bank bjb, gratis setoran awal bagi pengunjung yang melakukan keikutsertaan DPLK pada acara FLK 2019, merchandise bagi pengunjung yang melakukan pendaftaran sebagai agen bjb BISA Laku Pandai dan nasabah yang melakukan pengisian aplikasi credit card ataupun melakukan transaksi bjb digi selama kegiatan berlangsung.

“Diharapkan dengan dilaksanakannya kembali kegiatan rangkaian bulan inklusi keuangan 2019 terdapat peningkatan edukasi tentang perbankan. Hal tersebut dapat menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan bulan inklusi keuangan secara positif dapat meningkatkan awareness dan mendorong minat masyarakat untuk menggunakan produk dan/atau layanan jasa keuangan,” ungkapnya.

Ditambahkan, penetrasi inklusi keuangan bank bjb juga dilakukan melalui sejumlah langkah kerja sama dengan beberapa instansi/lembaga yang secara langsung mendukung peningkatan inklusi keuangan mengingat dalam setiap kerjasama tersebut melibatkan aspek elemen masyarakat secara langsung sebagai objek pelaku usaha terutama sektor UMKM.

“Dalam rangka memperkenalkan perusahaan yang sudah bekerja sama dengan bank bjb, sejumlah perusahaan tersebut melakukan expo terkait dengan pola bisnis dan kerja sama perusahaan dengan bank bjb serta masyarakat terutama sektor UMKM untuk membuka cakrawala pemahaman pengunjung,” tandasnya.

(ymi)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …