Piala Dunia U-20 Akan Gunakan Stadion Si Jalak Harupat

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengemukakan bahwa Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) telah resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung menjadi salah satu lokasi yang akan digunakan untuk Piala Dunia.


Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, menyampaikan informasi itu disampaikan oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha yang mengikuti Sidang FIFA di Shanghai, Cina.

“Alhamdulillah Pak Menteri (Zainudin Amali) dapat kado istimewa dari FIFA,” ujar Gatot melalui keterangan tertulis, Kamis (24/10/2019).

jalak harupat

Stadion Si Jalak Harupat di Kabupaten Bandung

Menurut Gatot, dalam penentuan tuan rumah Piala Dunia U-20, Indonesia berhasil menyisihkan dua calon lainnya dari Amerika Selatan, yakni Brasil dan Peru.

Keberhasilan dalan pencalonan sebagai tuan rumah, lanjut Gatot, karena PSSI mendapatkan dukungan berupa surat jaminan yang ditanda tangani Presiden Jokowi tanggal 7 Agustus 2019.

“Ada juga surat yang ditanda tangani beberapa Menteri dan Kapolri yang dikirimkan tanggal 28 Agustus 2019 jam 23.30 telah mendukung keberhasilan Indonesia,” ujar dia.

Dukungan terhadap PSSI, kata Gatot, datang juga dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melalui lobi yang dilakukan beberapa Duta Besar Republik Indonesia. Menurut Gatot, pertemuan dengan Menteri Olahraga negara di ASEAN di Manila pada 9 Oktober juga memberikan sumbangsih besar meyakinkan FIFA menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah.

“Pukul 13.30 WIB akan ada video conference langsung antara Pak Menteri (Zainudin Amalid) dengan Bu Sekjen PSSI (Ratu Tisha) dari Shanghai saat pisah sambut Pak Menpora,” kata dia.

Sebelumnya, PSSI juga sudah menyambangi beberapa kepala daerah untuk menyampaikan input dari FIFA terkait kesiapan stadion di beberapa kota menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Sepuluh stadion yang diajukan PSSI itu yakni Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Wibawa Mukti (Cikarang), Pakan Sari (Bogor), Patriot (Bekasi), Mandala Krida (Yogyakarta) Manahan (Solo), Jakabaring (Palembang), Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan I Wayan Dipta (Bali).

FIFA juga telah melakukan peninjauan awal untuk beberapa kota dan memberikan masukan konstruktif agar kesepuluh arena tersebut siap menggelar pertandingan sekelas Piala Dunia.

(apt/tmp)

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …