Jaga Kualitas Layanan Peserta JKN-KIS Melalui Rekredensialing Faskes

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sebagai penyedia layanan kesehatanbagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), maka setiap FKRTL atau RS wajib melalui proses kredensialing ataupun rekredensialing. Rekredensialing dilakukan setiap tahun kepada RS yang akan memperpanjang kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Agar kepuasan dan kenyamanan peserta JKN-KIS terjaga, mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan melalui mitra kerja BPJS Kesehatan harus dipastikan melewati proses seleksi dan penilaian secara komprehensif.


“Proses rekredensialing ini dilakukan ketika RS bersedia melanjutkan kerjasama dengan BPJS Kesehatan, serta untuk melihat kembali sumber daya manusia dan fasilitas penunjang di RS tersebut. Semua ini dilakukan sebagai upaya untuk menjaga serta meningkatkan mutu dan kepuasan peserta,” tutur Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang CimahiDevi Afni, ketika melakukan rekredensialing ke RS IMC, Kabupaten Bandung Barat Selasa (15/10).

Dalam proses rekredensialing, BPJS Kesehatan menggunakan kriteria teknis yang meliputi sumber daya manusia, kelengkapan sarana dan prasarana, lingkup pelayanan dan komitmen dari faskes. Seleksi dan rekredensialing tersebut juga melibatkan Dinas Kesehatan setempat.

“Diharapkan dengan proses ini setiap fasilitas kesehatan dapat meningkatkan kualitasnya baik dari segi pelayanan fasilitas dan sumber daya manusia sehingga bisa memberikan pelayanan terbaik bagi peserta JKN-KIS. Dan hasil dari rekredensialing tersebut menjadi salah satu pertimbangan atas kelanjutan proses kerja sama,” ujar Devi.

Proses rekredensialing ini disambut baik oleh Wakil Direktur Pelayanan Medis RS IMC, dokter Bagus Nugroho saat ditemui di sela-sela proses rekredensialing. Menurut Bagus proses rekredensialing memang perlu dilakukan karena penting untuk melihat kesiapan RS tersebut dalam berbagai aspek.

“Jadi menurut saya penting dilakukan proses rekredensialing ini untuk memastikan bahwa RS ini memang layak untuk melanjutkan kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Kami berkomitmen akan berusaha memberikan layanan terbaik kepada seluruh peserta JKN-KIS. Kami juga berharap dapat semakin meningkatkan sarana dan prasarana yang ada,” jelas Bagus yang ditemui di sela-sela menerima kunjungan dari BPJS Kesehatan.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …