Penanganan Sungai Harus Dilakukan Secara Terpadu dan Didukung Regulasi Kuat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penanganan sungai dari limbah industri dan sampah rumah tangga harus dilakukan secara terpadu. Selain itu, pengelolaannya harus didukung dengan regulasi yang kuat.


Anggota DPR RI Dedi Mulyadi menyatakan pengelolaan sampah harus dimulai di level masyarakat dengan melakukan penguraian di masing-masing rumah tangga. Sedangkan di level industri, harus dibangun Instalasi Pengelolaan Air Limbah (Ipal) komunal.

Gagasan ini dibutuhkan waktu yang tak sebentar, namun harus dimulai secepatnya. Ia memproyeksikan program ini dimulai di wilayah Karawang, Bekasi dan Purwakarta.

“Gagasannya bernama Kapursirih Herang atau Karawang Purwakarta dan Bekasi bersih,” kata dia Senin (14/10/2019).

Pola ini sudah ada contoh dilakukan di Karawang yaitu ipal untuk 400 rumah tangga. Untuk limbah pabrik masuk ke sungai, nantinya kata dedi dibangun ada ipal komunal kawasan industri juga solusi atasi masalah limbah di pabrik.

Anggaran yang dibutuhkan sebesar Rp. 350 juta untuk 400 kepala keluarga (KK) dinilai murah jika dilihat dampaknya secara jangka panjang.

“Kita mulai di daerah (Purwakarta, Karawang dan Bekasi) ini dulu. Karena ini jangka panjang, misalnya ini selesainya 10 tahun baru selesai, tapi harus dimulai dari sekarang.” Katanya.

Tahap awal yang dilakukan di Purwakarta, yaitu uji lab. Lalu pembuatan Ipal Sungai Cilamaya dan ipal komunal. Minimal tahun depan ada sepuluh desa memiliki satu.

Bahkan dirinya mendorong dibuat regulasi, bisa menjadi usulan, diantaranya kawasan properti dipersyaratkan membuat Ipal Komunal, yang mengelola limbah rumah tangga.

“Saya dorong menjadi Undang-undang. Jadi dibuat aturan yang lebih tinggi. Sekarang kan belum ada regulasinya. Ini yang akan saya bawa ke DPR nanti melalui fraksi partai Golkar, termasuk ke Lingkungan Hidup,” pungkasnya. (fid)

Loading...

loading...

Feeds

New Normal, Ini Manfaat Sistem HRIS bagi Perusahaan

POJOKBANDUNG.com–BELAKANGAN pemerintah Indonesia mulai mempersiapkan pemberlakuan aktivitas new normal pasca PSBB.  New normal sendiri adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan …