Forum Keserasian Wadah Masyarakat Tumbuhkan Kerukunan dan Harmonisasi Sosial

DEKLARASI: Sejumlah aparat kewilayahan Kelurahan Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung  deklarasikan dalam upaya menciptakan keharmonisan dan menjaga perbedaan, Sabtu (12/10/2019). (Foto : ASEP RAHMAT HIDAYAT)

DEKLARASI: Sejumlah aparat kewilayahan Kelurahan Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung deklarasikan dalam upaya menciptakan keharmonisan dan menjaga perbedaan, Sabtu (12/10/2019). (Foto : ASEP RAHMAT HIDAYAT)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Menjaga keberagaman dalam kehidupan bisa dilakukan dengan berbagai upaya. Salah satunya menciptakan keserasian sosial bermasyarakat. Tujuannya, setiap orang bisa saling menghargai perbedaan mulai dari suku, agama dan ras.


Seperti halnya yang dilakukan Forum Keserasian Sosial Citra Bersama, Kelurahan Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Forum tersebut bersinergi dengan perangkat desa, pihak keamanan terutama dengan tokoh-tokoh masyarakat setempat sehingga, terciptanya masyarakat yang memiliki ketahanan sosial dapat terwujud.

“Forum ini sebagai salah satu upaya untuk menciptakan tatanan kehidupan
hubungan masyarakat yang serasi dan harmonis yang, dilandasi nilai dasar kekeluargaan dan musyawarah untuk mufakat jika suatu waktu terjadi masalah,” ucap Ketua Forum Keserasian Sosial Citra Bersama, Kelurahan Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Gun Gun Ahmad Hidayat usai acara Saresehan Keserasian Sosial, di Kelurahan Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Sabtu (12/10/2019).

Gun Gun melanjutkan, Forum Keserasian Sosial yang diprakarsai Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia merupakan kondisi sosial yang menjamin terciptanya hubungan dan interaksi sosial antar masyarakat, yang dinamis, selaras dan seimbang untuk hidup berdampingan secara damai berdasarkan kesetaraan, kebersamaan dan persaudaraan sejati.

“Memang tidak mudah menjaga keserasian, perlu komitmen bersama untuk saling menghargai segala perbedaan. Tapi, kami akan berupaya dan berharap melalui forum ini budaya gotong royong dan rasa kekeluargaan bisa tercipta,” paparnya.

Gun Gun menyebut, dengan lahirnya program keserasian pihaknya akan berusaha merealisasikan setiap agenda kegiatan yang sudah diusulkan ke Kemensos RI, salah satunya agenda teknis yang sudah dicetuskan di Kelurahan Ciateul berupa usulan perbaikan Jalan PLN V RW 09 dan Jalan Sukarsah RW 08.

“Program teknis ini menjadi wadah menjalin kerukunan dengan terciptanya kesejahteraan di lingkungan kita, sekaligus menumbuhkan rasa peduli agenda pembangunan di lingkungan sekitar,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang (Kabid) Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial, Dinsosnangkis
Kota Bandung, Tamsil berharap, segala program dan agenda Forum Keserasian Sosial Citra Bersama, Kelurahan Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung bisa berjalan dengan baik, terlebih bisa bermanfaat untuk masyarakat.

“Forum ini satu-satunya di Kota Bandung. Kami berharap segala program bisa terealisasi dan bermanfaat, khususnya dalam menjaga keserasian dan keharmonisan,” pungkasnya.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

New Normal, Ini Manfaat Sistem HRIS bagi Perusahaan

POJOKBANDUNG.com–BELAKANGAN pemerintah Indonesia mulai mempersiapkan pemberlakuan aktivitas new normal pasca PSBB.  New normal sendiri adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan …