Tekan Angka Kecelakaan Kerja, BPJS Ketenagakerjaan Cimahi Dukung GP2SP Dinkes

KEGIATAN: Sosialisasi dan pembentukan Program Gerakan Pekerja perempuan Sehat dan Produktif (GP2SP) yang bertempat di Pandiga Educreation Sport, Cimahi.

KEGIATAN: Sosialisasi dan pembentukan Program Gerakan Pekerja perempuan Sehat dan Produktif (GP2SP) yang bertempat di Pandiga Educreation Sport, Cimahi.

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengadakan kegiatan sosialisasi dan pembentukan Program Gerakan Pekerja perempuan Sehat dan Produktif (GP2SP) yang bertempat di Pandiga Educreation Sport, Cimahi selama dua hari pada hari Rabu (9/10) – Kamis (10/10).

GP2SP sendiri adalah salah satu program yang harus dilaksanakan sesuai dengan kesepakatan bersama 4 Menteri, yaitu Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia dengan Nomor HK.03.0/MENKES/31/2017; Nomor 119/207A/SJ; Nomor 1/KB/MEN/I/2017; Nomor 1/MPPPA/1/2017 tentang Gerakan Pekerja/Buruh Perempuan Sehat Produktif (GP2SP).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Bagian Hukum dan HAM, Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian, Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak Kota Cimahi, Dinas Tenaga Kerja Kota Cimahi, Apindo Kota Cimahi, Serikat Pekerja Kota Cimahi, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan serta perwakilan dari beberapa pihak HRD perusahaan di Kota Cimahi.

Pada sambutannya Kepala Dinas Kota Cimahi, drg.Hj.Pratiwi. M.Kes menyampaikan tentang bagaimana pengendalian lingkungan kerja bagi pekerja perempuan berisiko di Kota Cimahi merupakan tugas bersama semua pihak tidak hanya Dinas Kesehatan Kota Cimahi dalam upaya pencapaian Indeks Pembangunan Kesehatan masyarakat (IPKM) di Kota Cimahi

“Saat ini pekerja perempuan, bekerja hampir disemua sektor. Pekerja perempuan mempunyai peran ganda, selain menjadi pekerja juga mempunyai beban mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan bertanggung jawab terhadap kualitas anak sebagai generasi penerus,” terang Pratiwi.

Pihak BPJS Ketenagakerjaan Cimahi yang juga menjadi narasumber pada kegiatan tersebut diwakili oleh Kepala Bidang Kepesertaan, Nambela Ramawaspada mengatakan dalam pemaparannya bahwa BPJS Ketenagakerjaan sendiri sangat mendukung kegiatan GP2SP ini dikarenakan kita ini merupakan lembaga pelayanan publik di Kota Cimahi yang juga memperkerjakan perempuan serta pekerja/buruh perempuan yang ada di Kota Cimahi adalah peserta kita tentu tujuannya untuk menurunkan angka kecelakaan kerja dalam upaya mewujudkan zero accident.

Risiko sosial berupa hilangnya pendapatan diharapkan mampu dijawab melalui program JKK dan JKM yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan sebagai upaya untuk perlindungan kepada seluruh pekerja, tentunya kita mendorong pada pihak perusahaan dan semua elemen dunia kerja untuk makin sadar berbudaya K3 agar pekerja/buruh perempuan makin aman, nyaman dan produktif.

Program Jaminan kecelakaan kerja sendiri memberikan perlindungan atas risiko-risiko kecelakaan yang terjadi dalam hubungan kerja, termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya melalui jalan yang biasa atau wajar dilalui dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

“Manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja memberikan manfaat layanan antara lain biaya transportasi dari lokasi kecelakaan kerja ke rumah sakit, pengobatan di PLKK sampai dengan sembuh, santunan sementara tidak mampu bekerja, santunan cacat hingga 56 kali gaji terlapor, santunan kematian akibat kecelakaan kerja hingga 48 kali gaji terlapor dan beasiswa bagi satu orang anak dari peserta yang meninggal dunia karena kecelakaan kerja,” tambah Nambela.

Diharapkan dengan diadakannya kegiatan ini maka akan terjadinya sinergi dan integrasi terkait program – program dan upaya dengan semua pihak/sektor dalam peningkatan kesehatan pekerja khususnya perempuan di Kota Cimahi dengan terinformasikannya dan terbentuknya tim GP2SP di setiap perusahaan.
GP2SP di Kota Cimahi dalam pelaksanaanya akan menggalang kemitraan dengan BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, APINDO dan Serikat Pekerja yang ada di Kota Cimahi.

(sol)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Bandung Serius Tegakkan KTR

Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sangat …

DLH Juara KIP Kabupaten Bandung 2019

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama untuk kategori Utama Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penerapaan Undang-undang …

Ketua KPK “Kejar” Jokowi Terbitkan Perppu

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bersedia untuk dapat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti …