BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Perkuat Sinergi dengan Stakeholder, Melalui Forum Kemitraan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI –Dalam rangka evaluasi program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Kota Cimahi, BPJS Kesehatan Cabang Cimahi menggelar Forum Kemitraan dan Komunikasi Pemangku Kepentingan Utama Kota Cimahi Tahun 2019, Rabu (09/10/2019). Kegiatan tersebut dilaksanakan di ruang rapat Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Daerah Kota Cimahi.


Forum Kemitraan tersebut diselenggarakan dengan fokus sebagai wadah komunikasi guna tercapainya hubungan kemitraan yang baik dengan pihak eksternal terkait target Universal Health Coverage (UHC) dan tentang pembuatan kebijakan untuk meningkatkan mutu pelayanan Program JKN-KIS. Selain itu, forum ini juga bertujuan untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman atas ketentuan-ketentuan yang berlaku dalam kepesertaan dan pelayanan kesehatan bagi peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Idham Kholid menuturkan bahwa forum ini dibuat untuk saling membicarakan persoalan yang terjadi di lapangan, dan bersama-sama mencari solusinya termasuk dalam hal kepesertaan dan pelayanan kesehatan. Dalam forum ini juga dibuka penyampaian pendapat dan saran demi keberlangsungan program JKN-KIS yang diemban oleh BPJS Kesehatan sebagai penyelenggara.

“Keberlangsungan program JKN-KIS harus terus dijaga salah satunya dengan merangkul seluruh stakeholder dan juga harus mendapatkan dukungan seluruh elemen masyarakat dalam penyelenggaraannya, dan perlunya komunikasi yang baik untuk saling menunjang peningkatan mutu pelayanan,” ujar Idham.

Forum kemitraan dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Cimahi,Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Daerah Kota Cimahi, perwakilan rumah sakit se-Kota Cimahi, dan beberapa perwakilan stakeholder terkait seperti Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan,dan Dinas Sosial/Bidang Kesra.

Sementara itu mewakili Sekretaris Daerah selaku ketua forum, Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Kota Cimahi, Sri Nurul Handayani mengharapkan kepada BPJS Kesehatan agar senantiasa berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat terkait Program JKN-KIS. Dirinya berkomitmen akan terus mengawal Program JKN-KIS di Kota Cimahi. Ia juga akan melakukan beberapa usaha agar Kota Cimahi bisa segera UHC di tahun 2019 ini.

“Sebagai salah satu mitra BPJS Kesehatan, kami memberikan apresiasi atas diadakannya forum ini, sehingga permasalahan yang terjadi di lapangan bisa diketahui duduk persoalannya dan bersama mencari solusi yang terbaik. Kita minta semua pihak yang terkait untuk saling bersinergi dan bekerjasama. Kita juga berharap pelayanan di fasilitas kesehatan semakin dibenahi, sehingga keluhan-keluhan yang ada di lapangan dapat diminimalisir,” ucap Nurul.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …