Sah, Ini Isi Sumpah dan Janji Anggota DPR 2019 – 2024

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali memandu pengucapan sumpah dan janji anggora DPR periode 2019-2024 pada Rapat Paripurna DPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10).

Sebanyak 575 anggota terpilh hadir pada Rapat Paripurna DPR ini yang dipimpin oleh Abdul Wahab Dalimunthe (anggota DPR tertua) dan Hillary Brigita Lasut (anggota DPR termuda) sebagai Pimpinan Sementara.

Selanjutnya, sumpah dan janji itu dilakukan berdasar perwakilan anggota DPR dari kelompok agama masing-masing.

“Sebelum memangku jabatan anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Saudara-saudara wajib bersumpah atau berjanji menurut agama masing-masing. Apakah saudara-saudara bersedia bersumpah atau berjanji menurut agama saudara?” kata Hatta Ali memulai memandu pengucapan sumpah janji.

Hatta mengingatkan bahwa sumpah dan janji yang akan diucapkan itu mengandung tanggung jawab terhadap bangsa dan negara RI. Tanggung jawab memelihara dan menyelamatkan Pancasila dan UUD NRI 1945.

“Sumpah atau janji ini adalah terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya harap saudara mengikuti lafal sumpah atau janji yang akan saya pandu,” ungkap Hatta.

Dia kemudian memandu pengucapan sumpah janji berdasar agama masing-masing.

Berikut isi sumpah dan janji anggota DPR yang dipandu Hatta Ali, kemudian diikuti para legislator.

“Bahwa saya  akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota DPR dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD Negara Republik 1945. Bahwa  saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili, untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Hatta diikuti anggota DPR.

Setelah itu, anggota DPR yang mewakili kelompok agama masing-masing menandatangani berita acara pengucapan sumpah dan janji. Kemudian Hatta Ali menandatangani berita acara.

Setelah itu, seluruh anggota DPR menandatangani berita acara pengucapan sumpah janji di formulir yang sudah disiapkan di meja masing-masing.

Setelah rangkaian pengucapan sumpah janji selesai, pimpinan sementara DPR Abdul Wahab Dalimunthe (tertua) dan Hillari Brigita Lasut (termuda) kembali menempati kursi pimpinan sidang sementara.

Dalimunthe mengatakan semoga semua anggota DPR dapat menepati amanat yang diberikan rakyat Indonesia.

“Perkenankan kami mengucapkan terima kasih kepada Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung, rohaniawan atas pelaksanaan sumpah dan janji anggota DPR Masa Bakti 2019-2024,” kata Dalimunthe.

(boy)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Bandung Serius Tegakkan KTR

Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sangat …

DLH Juara KIP Kabupaten Bandung 2019

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama untuk kategori Utama Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penerapaan Undang-undang …

Ketua KPK “Kejar” Jokowi Terbitkan Perppu

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bersedia untuk dapat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti …