Proyek Tol Bandung-Cilacap Diperkirakan Telan Rp 120 T

PEMBANGUNAN: Pemprov Jabar terus mengoptimalkan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Ciamis, salah satunya memanfaatkan Tol Cileunyi-Garut Tasikmalaya untuk memiliki exit tol ke Ciamis. 
(foto: IST)

PEMBANGUNAN: Pemprov Jabar terus mengoptimalkan pembangunan infrastruktur di Kabupaten Ciamis, salah satunya memanfaatkan Tol Cileunyi-Garut Tasikmalaya untuk memiliki exit tol ke Ciamis. (foto: IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemprov Jawa Barat bersama pemerintah Kabupaten dan Kota kembali mematangkan rencana pembangunan Jalan Tol Bandung-Garut-Tasikmalaya-Ciamis-Banjar-Pangandaran, pada rapat koordinasi di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (25/9/2019).


Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil meminta semua pihak, terutama kepala daerah yang kawasannya terlewati jalur tol tersebut untuk tidak lagi mengubah-ubah trase. Sehingga penetapan lokasi atau penlok yang merupakan kewenangan Pemprov Jabar segera dilakukan.

“Pembangunan Tol Bandung – Cilacap akan terbagi dalam dua segmen pengerjaan. Biaya pembangunannya diperkirakan mencapai Rp 120 triliun yang akan dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk,” kata Barat Ridwan Kamil usai rapat dengan Kementerian PUPR di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (25/9/2019).

Pembangunan tahap I yaitu mulai dari Gedebage-Kabupaten Bandung-Garut-Tasikmalaya. Kemudian pengerjaan tahap II meliputi Tasikmalaya-Banjar-Pangandaran-Cilacap.

Ia menuturkan konsorsium pembangunan Tol Bandung-Ciamis dipegang PT Jasa Marga. Pembangunan dilakukan dengan pola kerja sama antara pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

“Tahap pertama Rp 60 triliun, tahap kedua juga hampir sama. Pembebasan lahan kan belum dimulai. Rp 60 triliun itu termasuk pembebasan lahan karena pembebasan lahan sama mahalnya dengan konstruksi,” jelas Ridwan Kamil.

Dia mengatakan rencananya pintu keluar tahap I Tol Bandung-Cilacap berada di empat lokasi. Di antaranya di Kabupaten Bandung, Garut dua lokasi dan terakhir di Tasikmalaya.

“Banyak (pintu keluar) ada di Kabupaten Bandung satu, Garut dua, Tasikmalaya satu, jadi sekitar empat lah untuk tahap I,” tutur dia.

Rencananya Tol Bandung-Tasikmalaya berjarak 90 Kilomenter. Sementara Tasikmalaya-Cilacap mencapai 120 Kilometer.

(apt)

 

Loading...

loading...

Feeds

cipali

Tol Cipali KM 40-86 Rawan Kecelakaan

POJOKBANDUNG.com,BANDUNG – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Barat mengimbau masyarakat yang akan menggunakan Tol Cipali untuk mewaspadai kecelakaan. Kecelakaan …
MK

Sepakat Takkan Usung Eks Koruptor

POJOKBANDUNG.com, Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian gugatan terkait pencalonan mantan narapidana korupsi untuk maju dalam gelaran Pilkada. Dalam putusan MK, …

Rumah 2 Lantai Hanya Rp 900 Jutaan di Bandung

Podomoro Park Bandung yang dipersembahkan oleh Agung Podomoro Land sebelumnya telah berhasil meluncurkan hunian resort satu lantai klaster Padmagriya tahap …