Lagi, TPA Panembong Subang Terbakar

PEMADAMAN : Petugas Pemadam Kebakaran dan BPBD Subang melakukan pemadaman kebakaran di TPA Panembong di Desa Parung, Kecamatan Subang, Rabu (18/9/2019).
(foto: M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

PEMADAMAN : Petugas Pemadam Kebakaran dan BPBD Subang melakukan pemadaman kebakaran di TPA Panembong di Desa Parung, Kecamatan Subang, Rabu (18/9/2019). (foto: M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Kebakaran terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Panembong yang berada di Kelurahan Parung, Kecamatan Subang, Rabu (18/9/2019).


Kebakaran tersebut diduga berasal dari kebun yang berada di pinggiran sungai Cilamatan.

Menurut informasi yang dihimpun, kebakaran terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Api yang membakar tumpukan sampah dengan cepat merambat ke berbagai arah di lokasi TPA.

Akibat kebakaran tersebut, membuat langit diatas TPA Panembong terlihat hitam. Hal tersebut dikarenakan kepulan asap pekat yang melambung ke langit.

Kasi Pemadaman dan Penyelamatan Satpoldam Kabupaten Subang, Wawan Irawan, menyatakan pihaknya telah menerjunakan petugas Satpoldam Subang berikit mobil damkar ke lokasi.

“Kita sempat kesulitan selain jarak titik api yang agak jauh dari kendaraan juga pengambilan air pun tidak ada di wilayah tersebut sehingga alatnya dibawa ke pinggir sungai,” ujarnya

Sampai sore hari, kata Wawan, para petugas damkar masih berusaha memadamkan api.

“Mereka pun cukup kesulitan, suhu panas disertai tiupan angin yang cukup kencang sangat menyulitkan proses pemadaman api. Kebakaran ini belum diketahui penyebabnya,” terangnya.

Wawan menuturkan, kebakaran di TPA Panombong ini bukan yang pertama kali terjadi, tumpukan sampah yang menggunung ditambah cuaca yang panas, timbunan sampah itu pun sangat mudah terbakar.

“Berdasarkan informasi, awal kebakarannya sendiri diketahui menjelang sore dan sudah terlihat kepulan asap dan api di kebun pinggiran sungai Cilamatan lalu merambat ke tumpukan sampah,” katanya.

Tidak ada  korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini. Sebab, para pemulung sudah mengetahui sejak awal terjadinya kebakaran dan menyelamatkan diri.

(anr)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …