Dishub Sediakan Bus Ramah Disabilitas

INOVASI: Penyandang disabilitas saat mencoba bus ramah disabilitas di Terminal Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung.
(foto: IST)

INOVASI: Penyandang disabilitas saat mencoba bus ramah disabilitas di Terminal Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung. (foto: IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung menyiapkan bus ramah disabilitas. Pengadaan trasnportasi tersebut sebagai upaya mengakselerasi layanan transportasi publik.

“Bus ramah difabel ini merupakan wujud perhatian Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung agar saudara-saudara kita yang difabel tetap bisa merasa nyaman naik transportasi umum,” ujar Kepala Dinas Perhubungan, E.M Ricky Gustiadi
saat acara Hari Ulang Tahun Perhubungan di Terminal Leuwipanjang, Selasa, kemarin.

Saat ini, kata dia, bus ramah difabel baru tersedia 2 unit. Masih ada beberapa finalisasi untuk fitur-fitur bus. Bus ramah difabel ini sudah ada sejak tahun 2018, dan memiliki daya angkut sebanyak 19 orang.

Bus ini juga memiliki dua jenis, low deck dan high deck yang disesuaikan dengan kenyamanan penyandang difabel pengguna kursi roda ataupun pengguna tongkat. Nantinya, bus ramah difabel ini akan beroperasi di seluruh koridor Trans Metro Bandung.

Aden Ahmad, Warga Bandung yang sempat mencoba bus ramah disabilitas menyebutkan, bus ini adalah terobosan baru yang canggih dari Pemkot Bandung.
“Tentunya, rasa khawatir masih ada. Tapi, saya bangga karena bus ini adalah produk buatan kita,” ujar Aden.

“Artinya pemerintah sudah punya niat untuk memfasilitasi kami. Tidak hanya memfasilitasi, tapi juga memberikan kenyamanan dalam fasilitasnya,” pungkasnya.

(arh/net)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Bandung Serius Tegakkan KTR

Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sangat …

DLH Juara KIP Kabupaten Bandung 2019

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama untuk kategori Utama Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penerapaan Undang-undang …

Ketua KPK “Kejar” Jokowi Terbitkan Perppu

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bersedia untuk dapat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti …