Digital Lounge Hadir di Kampus ITB

EKONOMI: Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kadarsyah Suryadi (kiri) bersama Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan saat peluncuran digital laounge di Kampus ITB, Kota Bandung, Senin (16/9/2019).
(foto: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

EKONOMI: Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Kadarsyah Suryadi (kiri) bersama Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Lani Darmawan saat peluncuran digital laounge di Kampus ITB, Kota Bandung, Senin (16/9/2019). (foto: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pertama kali hadir di Kota Bandung, digital lounge kampus sebagai bentuk digitalisasi perbankan. Sejalan dengan tren gaya hidup masyarakat saat ini, transformasi digital kini menyasar bidang pendidikan pada perbankan.

Institut Teknologi Bandung (ITB) dipilih sebagai tempat digital lounge yang ada di Bandung. Sebelumnya, digital lounge CIMB Niaga berlokasi di universitas di Jakarta dan Yogjakarta.

Rektor ITB, Kadarsah Suryadi mengatakan, ITB sejauh ini sudah melahirkan 112 startup baru di Indonesia. Kehadiran startup ini sejalan dengan industri 4.0 yang sedang dicanangkan pemerintah. Kehadiran digital lounge di kampusnya ini diharapakan bisa terus mencetak startup-startup baru.

“Tahun 2030 diperkirakan 50 persen lapangan kerja didominasi digital artinya, sudah saatnya mempersiapkan anak muda masuk ke era digital. Dengan hadirnya digital lounge di ITB ini akan memberikan satu atmosfer kepada generasi milenial untuk berbagai pengalaman,” katanya dalam peresmian Digital Lounge @Campus, di kampus ITB Jalan Ganesa, Senin (16/9/2019).

Pada digital lounge, disediakan berbagai fasilitas yang mendukung transaksi digital. Berbeda dengan digital lounge di mall dan perkantoran, disini dilengkapi co-working space, digital board, dan vending Machinery yang menyediakan aneka minuman layaknga di sebuah kafe. Mahasiswa dapat memanfaatkannya untuk berdiskusi kelompok dan melaksanakan kegiatan lainnya. Di ITB sendiri, co-working disini menjadi yang kedua sehingga memudahkan mahasiswa ketika hendak berdiskusi.

Ditempat yang sama, Direktur Consumer Banking CIMB Niaga, Lani Darmawan menuturkan, kampus ITB melahirkan tokoh-tokoh terkenal dan berpengaruh di Indonesia. Sehingga salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia ini dipilih menjadi lokasi digital lounge kampus pertama di Bandung.

“Digital lounge ini mendekatkan diri dengan kampus. Sekaligus memperkenalkan financial inclusivity ke mahasiswa disini. Jadi supaya mulai dari anak kita udah mengerti solusi keuangan, bisa mengerti lebih bijaksana. Lingkungan civitas akademika, bisa berpartisipasi untuk bagaimana memberikan solusi kepada universitas,” terangnya.

Menurutnya, melalui digital lounge beragam layanan yang dulu hanya bisa dilakukan di kantor cabang, kini dapat dilakukan lebih praktis dengan dukungan fasilitas yang modern. Diantaranya mesin digital self service banking (SSB) yang dapat melayani pembukaan rekening tabungan batu menggunakan KTP elektronik hanya dalam waktu 5 menit.

“Kami juga menyediakan fasilitas video banking yang dapat melayani transaksi finansual dan non finansial, informasi produk dan layanan, keluhan nasabah, hingga fasilitas untuk berfoto selfie. Layanan ini dipandu langsung oleh seorang banking officer yang tampil acara live melalui layar sentuh,” lanjutnya.

Selain itu, mahasiswa juga bisa melakukan Tarik Setor Tunai (TST), pendaftaran branchless banking seperti CIMB Clicks, Go Mobile dan rekening ponsel. Kehadiran digital lounge kampus di ITB ini menambah jumlah digital lounge CIMB Niaga secara keseluruhan menjadi 30 unit, terdiri dari 24 mall, 2 di perkantoran, 3 di kampus, dan 1 di kawasan residensial.

“Ke depan kita akan terus mengembangkan layanan perbankan digital seiring dengan makin meningkatnya penetrasi digital di Indonesia,” tandasnya.

(fid)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Bandung Serius Tegakkan KTR

Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sangat …

DLH Juara KIP Kabupaten Bandung 2019

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama untuk kategori Utama Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penerapaan Undang-undang …

Ketua KPK “Kejar” Jokowi Terbitkan Perppu

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bersedia untuk dapat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti …