Puskesmas Pacet Optimalkan Pembinaan Peserta Prolanis

POJOKBANDUNG.com, PACET – Puskesmas Pacet, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung setiap bulannya terus melakukan pembinaan terhadap peserta program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis) yang ada di Kecamatan Pacet. Dalam pembinaan tersebut diantaranya, peserta yang datang diperiksa mulai tekanan darah, berat badan dan tinggi badan serta senam bersama. Setelah itu peserta juga diberikan penyuluhan, diskusi dan tanya jawab diakhiri pemeriksaan IVA dan pemberian obat.


“Program ini sebetulnya program yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan untuk mendorong peserta pengidap penyakit kronis mencapai kualitas hidup optimal. Kami dianjurkan BPJS Kesehatan untuk membina dan memeriksa kondisi pasien–pasien bagi peserta program pengelolaan penyakit kronis seperti, hipertensi, diabetes melitus serta lainnya. Untuk sekarang ini kami, gabungkan dengan memeriksaan iva tes seperti, kanker rahim dan skrining riwayat kesehatan lainnya,” kata Kepala Puskesmas Pacet dr. Rina Indriati, Kamis (19/09).

Rina pun menyampaikan biaya untuk pembinaan ini untuk makanan dan minuman, instruktur senam, nara sumber penyuluhan dan obat- obatan yang dibiayai setiap bulannya oleh BPJS Kesehatan. Peserta Prolanis terdiri dari berbagai desa. Menurutnya, siapapun bisa bergabung dalam Prolanis tersebut.

“Peserta saat ini sudah mencapai 126 peserta dari berbagai desa, sehingga menandakan antusiasnya masyarakat yang mau ikut program ini terutama pengidap penyakit seperti hal di atas,” jelas Rina.

Rina pun berharap, dengan bergabungnya jadi peserta prolanis, masyarakat pengidap penyakit Prolanis bisa terkontrol setiap bulannya.

”Mudah – mudahan dengan adanya program dari BPJS Kesehatan ini masyarakat Kecamatan Pacet bagi peserta pengidap penyakit Prolanis ke depannya bisa memenuhi kualitas hidup yang optimal,” pungkasnya.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

147 Orang Akan di Test Swab

POJOKBANDUNG.com, PARONGPONG – Berdasarkan hasil tracing Puskesmas Ciwaruga terhadap kontak erat jamaah ziarah yang terpapar COVID-19 di Kampung Pangkalan RW …

Harapan Ekonomi di Tangan Petani

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Ditengah situasi pandemi Covid 19, program 5.000 petani milenial yang digagas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat diharapkan …

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …