Cara Cek Tagihan Listrik Online 2019 – Tips & Trik Lengkap

POJOKBANDUNG.com – Saat asyik bermain gadget dan mengerjakan deadline kantor, mendadak listrik di rumah mati karena telat bayar? Apa kamu pernah mengalami hal ini? Jika pernah jangan sampai terulang kembali, ya! Masih banyak orang yang kadang malas atau alasan tidak memiliki waku unuk melakukan cek tagihan listrik.


Padahal, rutin mengecek daya energi listrik yang masih tersisa sangat penting. loh! Jangan sampai kamu harus mengulang atau menunda pekerjaan hanya karena lupa membayar tagihan listrik dan akhirnya membuang waktu secara sia-sia. Melakukan cek tagihan listrik sebenarnya sangat mudah dan dapat kamu lakukan di mana saja, kok. Coba cara ini.

Cek Tagihan Listrik Via Aplikasi Online
Cara cek tagihan listrik saat ini tidak lagi ribet. Kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi online seperti Traveloka, Tokopedia, Blibli dan Sepulsa untuk mengecek tagihan listrik. Caranya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu membuka situs dari aplikasi tersebut dan melakukan verifikasi data, supaya nomor pelanggan sama.

Selanjutnya kamu dapat melakukan bayar tagihan dengan cara memasukan nomor meteran pelanggan dan melakukan transaksi. Nantinya, kamu akan mendapatkan notifikasi lengkap data seperti nama pelanggan, nomor pelanggan, periode tagihan, besaran kWh yang telah digunakan, biaya denda (jika ada) dan total tagihan. Jika sudah tepat, kamu bisa segera melakukan pembayaran. Mudah, bukan?

Cek Tagihan Listrik Via SMS
Kamu juga bisa melakukan cek tagihan listrik setiap bulannya melalui SMS. Caranya sangat mudah. Kamu hanya perlu mengirimkan SMS dengan format REK (spasi) nomor ID pelanggan. Kemudian kamu dapat mengirimkannya ke nomor 8123. Pastikan nomor ID yang kamu tuliskan sudah benar. Setelah itu, kamu akan mendapatkan SMS balasan secara lengkap seputr informasi tagihan listrik yang harus dibayarkan.

Kamu juga dapat berlangganan seputar informasi pengecekan tagihan listrik via SMS. Kamu hanya perlu mengtik dengan format PLN (spasi) ON (spasi) ID pelanggan. Kemudian kirim ke 8123. Jika ingin berhnti berlangganan kamu hanya perlu mengetik PLN (spasi) OFF (spasi) ID pelanggan, kirim ke 8123. Kamu biasakan akan dikenakan tariff sebesar Rp500 dan ppn 10% per SMS.

Cek Tagihan Listrik Via Telepon
Jika kamu masih bingung dan tidak tahu bagaimana cara melakukan cek tagihan melalui SMS dan aplikasi, sebaiknya gunakan telepon. Cara ini sangat mudah, karena kamu akan langsung terhubung dengan tim customer service dari PLN. Nantinya, kamu hanya tinggal berbicara dan menanyakan perihal tagihan listrik setiap bulannya, tanpa harus datang ke kantor pusat.

Kamu dapat menelponnya melalui nomor PLN di 123 dengan menyertakan kode area seperti Jakarta (021) dan seterusnya. Nantinya operator akan memberitahukan semua informasi lengkap dan langkah yang harus kamu ikuti. Kamu dapat menelpon dan mengecek tagihan listrik melalui telepon kapan saja dan di mana saja selama 24 jam.

Cek Tagihan Listrik Via Website
Sebenarnya ada banyak cara untuk melakukan cek tagihan listrik, salah satunya via website. Kamu dapat mengunjungi situs yang sudah terintegrasi dengan semua data dari PLN, yakni www.cekbill.com. Di sana sebenarnya kamu bisa melakukan pengecekan beberapa jenis pemayaran, termasuk tagihan listrik.

Langkah pertama kamu hanya perlu memilih navigasi yang bertuliskan cek tagihan listrik PLN. Kemudian, masukan ID pelanggan PLN pada kolon yang sudah disediakan. Lanjutkan dengan memasukan nomor captcha untuk verifikasi ulang dan klik tombol cek tagihan. Nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi besarnya tagihan listrik bulanan beserta status pembayaran.

Cek Tagihan Listrik Via Melalui Langganan Email Resmi PLN
Cara terakhir yang mungkin bisa kamu lakukan dan cukup mudah adalah melakukan pendaftaran untuk berlangganan melalui email resmi PLN. Sebelumnya, kamu harus meregistrasi terlebih dahulu melalui email [email protected] atau mengunjungi situs media sosial PLN seperti Instagram @pln_id, Twitter @pln_123 dan Facebook PLN 123.

Setelah mendaftarkan diri kamu bisa melakukan registrasi ulang supaya terdaftar di e-billing PLN. Jika sudah berhasil, nantinya kamu akan mendapatkan notifikasi setiap bulanya yang berisikan tagihan listrik secara lengkap beserta tanggal jatuh tempo pembayaran.

Gimana, mudah bukan? Sekarang tidak ada alasan lagi untuk lupa membayar tagihan listrik, karena semua layanan yang tersedia memang sengaja dibuat untuk membantu kemudahan pelanggan untuk melakukan cek tagihan listrik.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

Lubang Bak Kontrol Dibiarkan Terbuka

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Di Jalan Raya Soreang, tepatnya di depan perempatan lampu merah depan Komplek Pemerintah Kabupaten Bandung terdapat lubang …

Jalan Provinsi di Cikalong Terancam Longsor

POJOKBANDUNG.com, CIKALONGWETAN – Jalan raya Provinsi Cikalong-Cipendeuy terancam putus akibat longsor yang memakan bahu jalan. Berdasarkan pantauan, bahu jalan yang …