Peci ‘Harmonis’ Desa Langonsari Menuju Sentra Kreatif

BANTUAN : Suasana serah terima bantuan modal (Ki-ka) Nova Kepala LPPM Univ Widyatama, Uep Peci Harmonis, Ivan Gumilar Ketua Program Pengabdian kepada Masyarakat.
( IST )

BANTUAN : Suasana serah terima bantuan modal (Ki-ka) Nova Kepala LPPM Univ Widyatama, Uep Peci Harmonis, Ivan Gumilar Ketua Program Pengabdian kepada Masyarakat. ( IST )

POJOKBANDUNG.com, PAMEUNGPEUK – Pemberdayaan kelompok yang produktif secara ekonomi di di Desa Langonsari RT 04 RW 03 Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Bandung menjadi sasaran utama pelaksanaan program pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai oleh Ivan Gumilar Sambas P., S.E., M.M. seorang praktisi dan dosen dari Universitas Widyatama Bandung.

Program yang didanai oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerja sama dengan Universitas Widyatama Bandung memiliki tujuan pemberdayaan masyarakat yang mandiri secara ekonomi, mitra dalam program ini adalah unit usaha peci milik Bapak Uep yang diberi nama Harmonis.

Sebelum program ini dilaksanakan, Uep hanya memasarkan produk pecinya dengan cara konvensional sehingga perkembangan permintaan pasar dan jangkauan pemasaran masih rendah.

”Hal lain yang mendasari dipilihnya Harmonis sebagai mitra dalam program ini adalah tenaga kerja ahli untuk membuat pola peci minim, keterampilan adminitrasi terbatas, tidak cakap dalam perhitungan biaya produksi dan harga pokok produksi dan tidak memahami cara penyusunan dan pembuatan laporan keuangan,” ujar Uep, Selasa (10/9/2019).

”Kini saya memiliki beberapa pencapaian salah satunya adalah mesin jait baru yang diberikan oleh program ini sebagai bentuk bantuan modal dari dana hibah Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi bekerja guna mencapai  manajemen kreatif usaha peci,” ujar Uep.

Uep menambahkan, selain itu, keterampilan para karyawan bertambah di bidang pemasaran. Mitra Harmonis sudah memiliki Instagram, Website, akun penjualan di salah satu marketplace tidak ketinggalan kini mereka pun memiliki pengetahuan bagaimana mengelola hubungan baik dengan pelanggan,” tambah Uep.

”Dahulu saya tidak memiliki laporan keuangan, kini  para karyawan sudah dapat membuat laporan keuangan secara sistematis sesuai kaidah yang berlaku, tertib administrasi dan tercatat dengan baik. Ke depannya, tim pengabdi akan terus mengawasi dan memdampingi Harmonis dalam proses produksi dan menyokong Harmonis dalam usaha nya sebagai penyedia bahan pembuatan peci,” pungkas Uep.

(gus)

Loading...

loading...

Feeds

ruhimat

Ruhimat Tantang Bukti Jual Beli Jabatan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H.Ruhimat mengatakan, pelantikan dan rotasi jabatan sebagai penyempurnaan serta penyemangat baru. “Pelantikan ini sebagai penyegaran …
gerakan

Gerakan Azzan Serentak Tuai Sorotan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat sorot ihwal kebijakan Pemkot Bandung dan dengan Badan Hisab Rukyat (BHR) …