Sektor Kuliner di Bandung Fokus Digarap

AKTIVITAS: Seoranng warga sedang membeli produk hasil UMKM di 
food festival di Bandung Indah Plaza, Kamis (5/9/2019).
( Foto : MOCH TAUFIK MAULANA/ JOB RADAR BANDUNG )

AKTIVITAS: Seoranng warga sedang membeli produk hasil UMKM di food festival di Bandung Indah Plaza, Kamis (5/9/2019). ( Foto : MOCH TAUFIK MAULANA/ JOB RADAR BANDUNG )

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah mendorong pengembangan sektor kuliner. Berkembangnya kuliner di Bandung dinilai dapat mendongkrak pendapatan anggaran daerah (PAD).


“Kami mendorong terus munculnya kuliner-kuliner di Bandung karena salah satu potensi menambah PAD,” ucap Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana kemarin.

Yana mengatakan, dengan berkembangnya kuliner Bandung, dapat juga meningkatkan pendapatan warga. Produsen bahan baku hingga UKM-UKM bisa ikut terdongkrak.

“Mudah-mudahan tenaga kerjanya juga ada orang Bandung. Jadi multi efek. Secara potensi pasti ikut mendongkrak,” jelasnya.

Pemerintah Kota Bandung sendiri siap membantu pengembangan usaha-usaha kuliner. Salah satunya dengan rutin memberikan pelatihan terhadap UKM kuliner di Bandung.

“Kami support UKM lewat Dinas Koperasi. Kami kasih pelatihan, pendampingan dan pemasaran. Pelatihan itu bisa kadang-kadang packagingnya, branding dan pemasaran bisa online. Saya pikir itu kewajiban kami. Nah kreasinya warga, setelah berkreasi pemerintah mengarahkan,” paparnya.

Yana mengatakan, kuliner juga dapat mengangkat pariwisata di Kota Bandung. Maka dari itu, pihaknya tengah mempersiapkan kolaborasi antara kuliner dan pariwisata dengan menyiapkan satu tempat wisata halal. Lokasi di Jalan Gelap Nyawang dipersiapkan untuk sejumlah kuliner halal.

“Kita mendorong lewat Disbudpar supaya orang yakin tempat makanan hakak. Produksi kuliner yang halal dan bersih, kita buat itu. Kebersihan dapur juga kita jamin,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mendukung adanya pengembangan kuliner di Kota Bandung. Sebab, kata Uu, Bandung merupakan salah satu objek wisata kuliner di Indonesia.

“Kuliner merupakan andalan Kota Bandung dan bisa memberi manfaat bagi pemerintah provinsi dan masyarakat,” pungkasnya.

(arh/dtk)

Loading...

loading...

Feeds

Kebijakan Relaksasi Iuran BPJAMSOSTEK

BPJAMSOSTEK memberikan respon terkait penerbitan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2020 tentang penyesuaian iuran program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan selama …

Manfaat Pensiun Anak sampai Usia 23 Tahun

Seseorang yang terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK, yang didaftarkan dengan program jaminan pensiun oleh perusahaannya, maka Peserta bisa menikmati Jaminan Pensiun …
Puluhan Kendaraan Laku Dilelang

Puluhan Kendaraan Laku Dilelang

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sebanyak 87 unit kendaraan roda dua dan roda empat milik aset daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi telah …
Bergabung karena Terus Dihubungi Lampar

Bergabung karena Terus Dihubungi Lampar

POJOKBANDUNG.com, LONDON – Timo Werner, penyerang muda Jerman itu mengungkapkan salah satu alasan bergabung dengan Chelsea. Sebabnya, dia selalu ditelfon …

Ancaman Baru di Tengah Pandemi

Pandemi virus Covid-19 belum usai dengan segudang permasalahan yang menyertainya. Kini kita juga diliputi kegelisahan serangan demam berdarah dengue (DBD) …