Silvani Putri Cicalengka, Harumkan Nama Bangsa

Bupati Dadang Naser: ‘Tanamkan Mental Baja Pada Anak Sejak Dini’

POJOKBANDUNG.com, CICALENGKA – Silvani Anjelia, warga asal Kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung, mendadak menjadi sorotan media nasional. Pelajar Kelas XII SMAN 1 Cicalengka ini, telah mengharumkan nama Indonesia melalui ajang All Japan Open Tournament Kei Shin Kan 2019 yang berlangsung di Jepang 25 – 27 Agustus lalu.

Dalam ajang itu, Silvani berhasil menyabet dua nomor sekaligus, yaitu juara 1 Kumite Bebas Senior Putri dan Karateka Terbaik.

Sebelumnya, warga Kampung Pungkur Loji Desa Cicalengka Kulon tersebut, memang memiliki deretan prestasi pada cabang yang telah digelutinya sejak duduk di bangku kelas 1 SD. Tak kurang dari 20 raihan juara pada ajang di tingkat kabupaten/kota dan provinsi maupun nasional, telah ia persembahkan sejak tahun 2012 hingga sekarang.

“Ini debut pertama saya mengikuti kejuaraan di tingkat internasional. Saya tidak menyangka, lawan-lawan dari Jepang, Filipina, Selandia Baru dan Sri Lanka bagus-bagus. Tentunya saya sangat senang, bangga dan terharu, karena usaha keras yang telah dilakukan selama ini, membuahkan hasil yang maksimal,” ungkap gadis kelahiran 16 Mei, 17 tahun yang lalu ini.

Selama masa persiapan, putri pasangan Dadang Sutisna dan Dewi Partini itu mengaku, hanya dipasang satu target oleh jajaran pelatihnya, yaitu menampilkan yang terbaik dalam setiap pertandingan.

“Sebelum berangkat ke Jepang, Sensei Dado, Yayat, Khushadiyanto dan Sensei Erick, mengingatkan saya untuk selalu memberikan yang terbaik dalam setiap pertandingan. Saat bertanding, saya hanya memikirkan bagaimana cara mengatasi lawan. Raihan juara itu merupakan bonus dari upaya keras, yang telah saya lakukan selama berlatih,” tutur anak kedua dari tiga bersaudara ini.

Sepulang dari Jepang, gadis yang akrab disapa Ivi ini tetap fokus berlatih secara rutin di GOR Padjadjaran Bandung. “Saya ingin berkiprah di ajang PON (Pekan Olahraga Nasional) dan Sea Games. Saya belum tahu pasti dalam waktu dekat, ajang apa saja yang akan saya ikuti, saya menunggu arahan dan instruksi sensei. Tapi yang jelas, sepulang kejuaraan di Jepang kemarin, saya sudah mulai fokus latihan lagi,” terang Ivi pula.

Ia sangat berterimakasih kepada orangtua dan seluruh pihak yang telah mendukungnya hingga sekarang. “Terimakasih yang sebesar besarnya kepada kedua orang tua yang telah membesarkan, mendidik dan mendo’akan hingga saya bisa seperti sekarang. Juga kepada para pelatih yang telah membimbing dan memotivasi dalam setiap kesempatan,” ucap Ivi.

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengapresiasi raihan prestasi Silvani di ajang yang cukup bergengsi itu. Misi pembangunannya dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, terkontribusi dari peran Silvani.

“Tak hanya mengharumkan nama Kabupaten Bandung. Silvani juga turut mengharumkan bangsa dan negara Indonesia di ajang internasional,” ucap Bupati.

Tahun 2019 ini, kata Bupati merupakan tahun prestasi bagi warga Kabupaten Bandung. Setelah sebelumnya prestasi Salman di ajang MTQ Internasional sebagai kado ulang tahun Kabupaten Bandung, dan para pelajar kita yang mengharumkan nama daerah di bidang matematika dan seni kemarin.

“Kini Silvani memberikan kado istimewa pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI),” ungkap Bupati Dadang Naser.

Menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang unggul tentunya bukan hal yang mudah, dan memerlukan proses yang berkelanjutan. Bupati berharap kerja keras dan tekad kuat yang telah dilakukan Silvani, dan juga putra-putri daerah lainnya dalam mengukir prestasi, dapat menjadi motivasi dan teladan bagi remaja Kabupaten Bandung.

“Mental baja serta tekad yang kuat, seyogianya ditanamkan pada anak-anak kita sejak dini. Hindarkan anak kita dari sifat manja dan gampang mengeluh. Berikan motivasi terhadap minat yang tengah mereka tekuni. Jadikan anak kita SDM yang unggul, untuk memajukan keluarga, masyarakat, daerah, bangsa dan negaranya,” pungkas bupati.

(adv)

Loading...

loading...

Feeds

ruhimat

Ruhimat Tantang Bukti Jual Beli Jabatan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H.Ruhimat mengatakan, pelantikan dan rotasi jabatan sebagai penyempurnaan serta penyemangat baru. “Pelantikan ini sebagai penyegaran …
gerakan

Gerakan Azzan Serentak Tuai Sorotan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat sorot ihwal kebijakan Pemkot Bandung dan dengan Badan Hisab Rukyat (BHR) …