TPID Zona L Gelar Bursa Inovasi Desa

MEMANTAU : Asda l Bangbang Suhendar dan para Camat saat memantau stand Bursa Inovasi Desa (BID) Selasa, (3/9/2019).
FOTO : (M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

MEMANTAU : Asda l Bangbang Suhendar dan para Camat saat memantau stand Bursa Inovasi Desa (BID) Selasa, (3/9/2019). FOTO : (M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Tim Pengembangan Inovasi Desa (TPID) Zona l, kabupaten Subang menggelar Bursa Inovasi Desa (BID) yang berlangsung di Aula Sari Bunihayu, desa Bunihayu, kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang, Selasa (3/9/2019).

Bursa Inovasi Desa (BID) yang diikuti 54 desa, Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPM) dibuka oleh Bupati Subang H. Ruhimat yang diwakili Asda l, Bangbang Suhendar dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.Ikut hadir Muspika Jalancagak dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Asda l Bangbang Suhendar mengatakan, pembangunan desa kerap terfokus pada kegiatan fisik, seperti pembangun infrastruktur jalan dan pembangunan lainnya. Sedangkan, kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat porsinya dalam APBDes (Anggaran Pendapatan Belanja Desa) masih sangat minim.

Oleh karena itu, Program Inovasi Desa (BID) dimunculkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.

“Artinya, kegiatan Burasa Inovasi Desa dilaksanakan untuk membantu desa dalam meningkatkan kualitas pembangunan, melalui pertukaran pengetahuan kegiatan yang inovatif untuk memberi inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan bagi pembangunan desa,” ujar Bangbang

Dia juga menyampaikan apresiasi dan  terimakasih atas kehadiran seluruh peserta dalam kegiatan tersebut.Ia juga menegaskan, bahwa kegiatan BID ini sebagai kegiatan peluncuran untuk mendukung pelaksanaan inovasi desa.

“Karena BID ini merupakan forum atau agen agen yang mampu menyebarkan dan bertukar inisiatif atau inovasi masyarakat, yang berkembang di tiap-tiap desa di Subang. Initinya forum BID ini bisa saling mengisi ragam inovasi masyarakat desa,” ungkapnya.

Kepada para kepala desa dan KPM dia juga mengajak untuk memperhatikan serta merealisasikan apa apa saja yang menjadi inti dari apa yang dibicarakan dalam Bursa Inovasi Desa.

“Karena melalui BID ini semua peserta dapat mengambil semua manfaat dan pelajaran melalui kegiatan ini ( BID),” katanya.

Ditambahkan, Pendamping Desa (PD) Kecamatan Jalancagak, Sugianto, BID merupakan salah satu upaya pemerintah pusat, untuk mewujudkan agenda nawa cita pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Salah satu visi Program Inovasi Desa (BID) diantaranya,mengembangkan rancana dan pelaksanaan pembangunan desa dan mempersiapkan pembangunan sumberdaya yang memiliki daya saing.

“Intinya kenapa BID ini dilaksanakan, tujunannya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.pungkasnya.

(anr)

Loading...

loading...

Feeds

gerakan

Gerakan Azzan Serentak Tuai Sorotan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat sorot ihwal kebijakan Pemkot Bandung dan dengan Badan Hisab Rukyat (BHR) …
komitmen

Komitmen Jalankan Program CRH

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sejauh ini Kota Cimahi masih konsisten menjalankan program Cimahi Reading Habbit (CRH). Tak mudah menjalankan hal tersebut …