Nggak Perlu Ribet, 4 Metode Pembayaran Ini Bisa Belanja Online

POJOKBANDUNG.com – Kini pertumbuhan toko online di Indonesia sudah semakin pesat, sehingga membuat banyak orang lebih memilih berbelanja secara online daripada offline karena lebih mudah dan praktis. Selain itu, para konsumen juga akan lebih mudah menemukan toko online di internet yang akan memberikan keuntungan dalam mencari produk yang mereka inginkan.


Tetapi dari situ masih banyak juga lho para konsumen yang mengalami kesulitan terutama dalam hal transaksi. Karena tak sedikit dari mereka yang mengetahui cara pembayaran online. Umumnya hal ini disebabkan oleh beberapa penjual online yang memiliki sistem pembayaran berbeda. Meski begitu sebenarnya banyak metode pembayaran saat belanja online yang populer di masyarakat. Apa saja sih? Yuk, langsung cari tahu di artikel ini!

 

  1. Transfer lewat rekening bank

Sumber : blog.xendit.co

Metode pembayaran yang satu ini merupakan salah satu yang digunakan dalam bisnis online maupun online shop. Meskipun terbilang kuno dan kadang merepotkan sebenarnya metode pembayaran yang satu ini cukup sering disarankan penjual untuk pembeli. Dengan proses pembayaran ini biasanya dilakukan secara manual baik itu oleh penjual maupun pembeli.

Disini konsumen diharuskan melakukan pembayaran dengan cara transfer ke rekening penjual sesuai harga yang telah mereka sepakati. Setelah itu penjual harus mengecek saldo rekening untuk memastikan apakah transferan dari pembeli sudah masuk atau belum. Jika rekening pembeli dan penjual berbeda bank, pembeli harus menanggung biaya administrasi saat melakukan transfer.

 

Beberapa cara yang dapat dilakukan dalam metode pembayaran ini diantaranya melalui :

  • ATM
  • Internet Banking
  • SMS Banking
  • Mobile Banking

 

  1. Pembayaran online dengan kartu kredit

Sumber : cermati.com

Jika memiliki kartu kredit kamu hanya perlu melakukan pembayaran online dengan memasukkan nomor kartu dan nilai harga yang disepakati. Oleh sebab itu, metode pembayaran online satu ini adalah yang paling mudah dilakukan. Setelah memasukkan nomor kartu kredit kamu akan disuruh mengisi nama, nomor telepon serta alamat yang sesuai dengan data di kartu kredit.

Selain itu konsumen tidak perlu melakukan konfirmasi kepada penjual karena transaksinya akan langsung terverifikasi secara otomatis. Hebatnya lagi buat kamu yang suka diskon-diskon menarik, kartu kredit lebih sering menawarkan promo-promo menarik lho. Sayangnya kartu kredit ini sangat rawan terhadap hacker dan penipuan, apalagi jika situs online shop yang kamu kunjungi tak memiliki sistem keamanan yang baik.

 

  1. Cara pembayaran online melalui Paypal

Sumber : pcmag.com

Metode pembayaran elektronik secara online ini disebut-sebut sebagai pengganti transaksi konvensional berupa uang serta cek. Jadi tak heran jika banyak yang menggunakan Paypal untuk berbelanja online baik itu di luar negeri maupun dalam negeri. Dengan kata lain Paypal ini bisa dikatakan sebagai rekening online yang dapat digunakan untuk pembayaran maupun menerima uang dari seseorang yang memiliki akun Paypal itu sendiri atau kartu kredit dimanapun dan kapanpun.

 

  1. Cash On Delivery (COD)

Sumber : iconfinder.com

Cash On Delivery atau yang lebih dikenal dengan istilah COD adalah jalan alternatif bagi pembeli yang merasa ragu dan takut ditipu oleh toko online tersebut. Tak heran jika saat ini banyak yang memilih metode pembayaran ini untuk meyakinkan toko online dan bahkan menjadi favorit transaksi online konsumen.

Bagi konsumen selain lebih yakin untuk berbelanja online di toko tersebut kamu tidak harus memiliki rekening. Selain itu pembeli juga bisa melakukan pengecekan barang sepuasnya setelah sampai sehingga bisa mengurangi resiko mendapatkan barang yang tidak berkualitas.

Nah, itulah beberapa metode pembayaran online yang bisa kamu lakukan untuk mempermudah transaksi. Selain itu biasanya ada beberapa E-Commerce terpercaya juga menyediakan pembayaran online versi mereka, misalnya saja Shopee Indonesia yang memiliki Shopeepay untuk cara pembayarannya. Jadi kamu tak perlu kerepotan lagi dan ribet jika ingin belanja online dimanapun dan kapanpun. Siap untuk mencoba metode diatas?

(apt)

Loading...

loading...

Feeds