XTC Tuzi Jalankan Program Kang Pisman

Anniversary: Keluarga Besar XTC Tuzi bersama Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana saat merayakan anniversary ke-21 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (31/8/2019).
FOTO : (GATOT POEDJI UTOMO/ RADAR BANDUNG)

Anniversary: Keluarga Besar XTC Tuzi bersama Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana saat merayakan anniversary ke-21 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (31/8/2019). FOTO : (GATOT POEDJI UTOMO/ RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Keluarga Besar XTC Tuzi mengajak mayarakat terutama kalangan anak muda, untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan. Dalam hal ini yang disoroti tak lain terkait masalah sampah.


Terlebih, meski pemerintah telah mengeluarkan berbagai aturan hingga larangan keras sekalipun, sepertinya masalah sampah terutama plastik masih sulit ditekan.

Menurut Ketua XTC Tuzi, Ervan Winoyansyah, untuk mengurangi sampah sangat diperlukan keterlibatan sejumlah pihak. Sebab, jika hanya mengandalkan pemerintah saja maka, meski dengan menjalanjan program apapun, nampaknya akan sulit terwujud.

“Untuk itu, saya mewakili keluarga besar XTC Tuzi yang sangat menyayangi Kota Bandung, akan terus berupaya menjaga lingkungan dari ancaman dampak buruk yang ditimbulkan oleh sampah,” kata Ervan, disela kegiatan Anniversary XTC Tuzi ke-21, di Area Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kelurahan Rancanumpang, Kota Bandung, Sabtu (31/8/2019).

Terkait masih sulitnya menekan jumlah sampah khususnya di Kota Bandung, ia tidak menampik. Sebab, hingga sejauh ini dari berbagai sumber, lanjut Ervan, Kota Bandung termasuk salah satu daerah penyumbang sampah terbesar.

“Disini jelas kesadaran masyarakat dalam membuang sampah masih perlu pendampingan, misalnya dengan gencarnya sosialisasi terkait bahaya dan manfaat dari sampah itu sendiri,” ujarnya.

Sebagai komunitas yang terlahir dari keluarga besar, tentunya XTC Tuzi memiliki banyak anggota yang hingga saat ini masih aktif. Dengan begitu, tak salah jika Pemerintah Kota Bandung melakukan kolaborasi bersama, untuk menjalankan program lingkungan bernama “Kang Pisman”. Kang (kurangi sampah makanan), Pis (pilah sampah), dan Man (manfaatkan sampah menjadi nilai jual).

Sebagai bentuk dukungan terhadap Kang Pisman, kata Ervan, sejauh ini pihaknya sudah menjadi nasabah bank Sampah yang berada di Kecamatan Gedebage, dengan cara mengumpulkan sampah yang bisa di daur ulang setiap minggunya.

“Untuk menyelamatkan lingkungan hidup, siapa lagi kalau bukan kita. Minimal perhatikan kebersihan di lingkungan sekitar kita,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Bandung Yana Mulyana, berharap sinergitas Keluarga Besar XTC Tuzi bersama pemerintah melalui arahan Dinas Lingkungan Hidup (DLH), permasalahan sampah di Kota Bandung bisa ditekan meski bertahap.

“Sudah saatnya warga Bandung turut mendukung program pemerintah, dan terus berkegiatan positif, kreatif, inovatif untuk memajukan kota,” kata Yana.

(cr1)

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …