Warga Cihampelas Gelar Parade ‘Liwet’

LIWET : Suasana warga yang menggelar acara ‘ngaliwet’ serempak di  sepanjang jalan Cihampelas - Pakacangan Desa Sindangsari Kec Paseh Kab Bandung. Sabtu (30/8/2019).
FOTO : (DEDEN KUSDINAR/RADAR BANDUNG)

LIWET : Suasana warga yang menggelar acara ‘ngaliwet’ serempak di sepanjang jalan Cihampelas - Pakacangan Desa Sindangsari Kec Paseh Kab Bandung. Sabtu (30/8/2019). FOTO : (DEDEN KUSDINAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, PASEH – Menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 H yang jatuh pada Minggu (1/9/2019), pengurus Madrasah Nurul Islam ,para santri santriyah mustami serta warga Kp Cihampelas Desa Sindangsari Kec Paseh Kab Bandung menggelar parade ‘liwet’ bareng yang digelar di sepanjang  ruas jalan desa tersebut. Dalam kegiatan  yang digelar sedikitnya 50 tungku yang disediakan warga, mereka berjibaku memasak liweut dengan aneka jenis pasakan  disepanjang jalan.


Selain parade ‘liwet’ juga digelar istigosah serta longmarc kirab pawai 1.000 obor, Sabtu (30/8/2019).

Diterangkan ustad Ujang Sharif selaku Ketua Yayasan Madrasah Nurul Islam, hasil pasakan selain nantinya untuk makan bareng bersama seluruh warga juga yang lebih utama disediakan bagi para peserta long marc pawai obor setelah berkeliling.

”Semua kami lakukan dalam rangkaian kegiatan ini dalam menyambut tahun baru Islam dengan harapan di tahun baru mendatang seseorang bisa menjadi lebih baik lagi.Seperti yang tersirat dalam doanya akhir tahun berisi tentang rasa syukur atas apa yang telah dicapai selama ini dan menyebutkan harapan-harapan yang akan dilakukan saat memulai penanggalan baru seperti termaknai doa akhir tahun,” katanya.

Sementara disela giatnya menurut tokoh masyarakat Kp Cihampelas Iyang sobandi, menambahkan,  menyambut tahun baru Islam juga dilakukan sebagai bentuk  tali silaturahmi antar tetangga dan semoga rasa kebersamaan ini dapat dilakukan secara berkesinambungan..agar tetap terjalin tali persaudaraan sesama umat muslim yang erat. “Semoga dari rasa kebersamaan ini mendapat berkah barokah,” katanya.

(den)

Loading...

loading...

Feeds