DMC 2019 Buka Peluang bagi Creator Film Lokal Tunjukkan Karya Terbaik

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Setelah sukses hadir di Kota Surabaya, Kompetisi Film Pendek Duta Muda Cleo (DMC) 2019 kini hadir di Kota Kembang, dengan menggaet aktor film sekaligus sutradara terbaik tanah air, DMC 2019 membuka peluang creator film lokal melombakan karya terbaiknya.


Salah satu aktor kawakan yang di gandeng untuk menjadi Juri DMC 2019 adalah, Lukman Sardi, ia mengatakan, bahwa perfilman Indonesia saat ini tengah naik daun. Hal tersebut didasari oleh Seiring dengan tingginya populasi milenial dan jumlah penonton.

“Idelanya perfilman Indonesia, tidak hanya berbicara soal kwantitas atau jumlah penonton tapi bagaiamana kualitasnya, bagaimana mendidik movie maker baru untuk kemajuan film di Indonesia,”ujar Lukaman, saat jumpa pers di salah satu hotel, Jalan Cihampelas, Kota Bandung, Sabtu (31/8).

Menurutnya, kompetisi yang digelar PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel) sebagai pemegang brand Cleo, perlu memunculkan para kerator film yang fresh. Dikatakan dia, Tidak hanya mengikuti kompetisi namun para juara harus dibimbing bagaiman berkenalan dengan film secara industri.

“Event ini sangat cocok, dengan banyaknya peminat karya auidio visual. Namun demikian perlu dibimibing agar mereka bisa terus berkembang,”ungkapnya.

Sedangkan, juri lainya, Ernest Prakasa mengatakan, pembibitan produser muda justru lebih penting. Dimana kemajuan induastri film tidak bisa cepat jika kreatornya tidak beregenerasi.

“Pada 2015 penoton film di Indonesia baru 16 juta, 2018 melonjak 52 juta. Namun yang kita perlukan adalah ide baru dari kreator baru,”ujarnya.

Sebagaimana diketahui, dalam kompetisi tersebut ada 300 film yang bersaing dan dipilih menjadi 12 terbaik sebelum akhirnya ditentukan pemenang dan sudah berlangsung sejak Juli 2019.

Adapun, Proses screening dan penjurian dilakukan secara bertahap untuk memilih yang terbaik dalam kategori Film Pendek Terbaik, Film Pendek Terfavorit, Pemeran Wanita Terbaik, Pemeran Pria Terbaik, Penata Musik Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Poster Film Terbaik dan Trailer Film Terbaik.

(azs)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …