Enggan Papua Dilepas Seperti Timor Leste

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ratusan warga yang tergabung dalam Aliansi Padjadjaran Jawa Barat menggelar aksi unjuk rasa peduli Papua. Mereka menyuarakan ketidakrelaan Papua untuk dilepas Indonesia seperti Timor Timur yang sekrang bernama Timor Leste.

Aksi unjuk rasa digelar di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (31/8/2019). Salah seorang orator asal Papua, Yesaya Uas mengatakan Papua harus tetap menjadi bagian dari Negara Indonesia.

“Kami tidak rela Papua lepas dari NKRI karena Papua adalah bagian dari NKRI. Oleh karena itu, kami juga tidak rela nasib Papua seperti Timor Timur. Cukup Timor Timur yang terlepas dari NKRI,” tegas salah seorang orator, Yesaya Uas di sela-sela aksi unjuk rasa.

Ia berharap lepasnya Timor Timur menjadi pelajaran berharga bagi pemerintah Indonesia. Maka dari itu, dugaan-dugaan isu Papua untuk merdeka yang ditunggangi oknum luar tak bertanggung jawab harus diselesaikan dengan cepat melalui cara yang baik.

Aksi solidaritas tersebut didasari alasan kondisi mencekam di Tanah Papua belakangan ini. Pemerintah pun harus cepat bertindak agar kekerasan tidak terus terjadi.

“Kalau tidak tegas, ya maka selamat tinggal, kami tidak mau merelakan Papua,” ujarnya.

Yesaya yang juga warga Papua mengimbau semua pihak tidak mudah terprovokasi. Pasalnya, hal itu bisa membuat suasana makin memanas.

“Karena saudara-saudara di sana bukan kuda yang harus ditunggangi oleh oknum-oknum yang mau memisahkan dari NKRI,” katanya.

Dia pun mengaku, selama tinggal di luar Papua bisa hidup berbaur dengan masyarakat Jabar tanpa pernah merasa dibedakan atau mendapatkan perlakuan kurang baik.

“Selama di Jabar ini, kami aman. Keadaan harus damai dari Sabang sampai Merauke,” pungkasnya.

(azs)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Bandung Serius Tegakkan KTR

Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sangat …

DLH Juara KIP Kabupaten Bandung 2019

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama untuk kategori Utama Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penerapaan Undang-undang …

Ketua KPK “Kejar” Jokowi Terbitkan Perppu

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bersedia untuk dapat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti …