Pemprov Jawa Barat, Gandeng Blibli.com untuk Tingkatkan UMKM Jawa Barat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggandeng perusahan E-commerce Blibli.com untuk meningkatkan kualitas pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Jawa Barat.

Kerja sama yang dibangun dari kedua belah pihak menghadirkan gelaran The Big Start yang dibuka di Gedung Sate pada 12 Juli 2019.

Pada Gelaran tersebut, sebanyak 100 pelaku UMKM diberikan tempat untuk memamerkan beberapa produknya. Disamping itu, Blibli.com juga memberi pelatihan pemanfaatan dunia digital dalam berbisnis.

Serunya lagi, dalam gelaran ini para peserta diajak untuk saling berkompetisi dalam memasarkan produknya. Peserta yang masuk 20 besar akan mendapat pelatihan pemasaran, branding, pengetahuan tentang hukum usaha, dan berbagai keterampilan lain. Selain itu, empat besar pengusaha kreatif juga akan diberikan modal usaha.

Kata Deputi CMO Blibli.com, Andy Adrian menuturkan, pihaknya merasa senang menerima kepercayaan serta dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, selain itu pihaknya juga merasa terhormat karena diberi izin untuk membantu meningkatkan pelaku UMKM Jawa Barat.

“Kami senang dapat berperan dalam peningkatan kompetensi pengusaha-pengusaha kreatif di Jawa Barat yang banyak dari mereka menjalankan usaha tergolong UMKM.” Kata Andy berdasarkan rilis yang diterima, Rabu (28/8/2019).

Andy mengatakan, sejak 2011, ribuan UMKM dari Jawa Barat telah bergabung dengan Blibli.com. Sedangkan Pada 2019, kata Andy, jumlah UMKM Jawa Barat yang bergabung di Blibli.com meningkat sekitar 125% dari 2018.

“Melalui kompetisi TBS Bandung ini, Blibli.com ingin mewujudkan komitmen jangka panjang kami untuk mengembangkan UMKM, sejalan dengan visi-misi program pemerintah Jawa Barat,”ungkapnya.

Sedangkan, SVP Trade Partnership Merchant Sales Operation & Development Blibli.com, Geoffrey L. Dermawan menuturkan, bahwa peserta UMKM juga berkesempatan memamerkan produknya di Galeri Indonesia.

“Galeri Indonesia Itu adalah kategori khusus di Blibli.com bagi produk kreatif hasil produksi lokal,” ujar Geoffrey.

Untuk diketahui, Jenis produk yang dapat dipamerkan di kategori itu di antaranya adalah fesyen, kesehatan, kecantikan, kuliner, properti, dan seni.

Geoffrey mengatakan, bahwa sudah lebih dari 100 ribu produk asal Jawa Barat dipamerkan di Galeri Indonesia. Jumlah ini meningkat 120 persen dari tahun sebelumnya.

sebagaimana diketahui, Program TBS Season 4 ini juga didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), BEKRAF.

Selain itu event ini juga didukung oleh sebuah bank swasta, perusahaan asuransi, sebuah perusahaan jasa pengiriman, dan Universitas Prasetiya Mulya.

(azs)

Loading...

loading...

Feeds

Pemkab Bandung Serius Tegakkan KTR

Keseriusan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung untuk mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sangat …

DLH Juara KIP Kabupaten Bandung 2019

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama untuk kategori Utama Monitoring dan Evaluasi (Monev) Penerapaan Undang-undang …

Ketua KPK “Kejar” Jokowi Terbitkan Perppu

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berharap Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih bersedia untuk dapat menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti …