BPJS Kesehatan Cimahi Apresiasi Puskesmas Rawat Inap Pertama di Kota Cimahi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Memberikan layanan terbaik kepada peserta dan masyarakat adalah salah satu misi BPJS Kesehatan dalam penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dalam mencapai hal tersebut, banyak pihak yang terlibat salah satunya adalah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Dinas Kesehatan setempat. Untuk memastikan hal tersebut salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan layanan dari FKTP itu sendiri.


Bagi pemerintah, menyediakan layanan kesehatan yang baik tentunya sudah menjadi suatu kewajiban. Untuk itu, keberadaan puskesmas rawat inap tentunya sangat penting. Maka, Pemerintah Kota Cimahi saat ini tengah berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan bagi warganya. Penyediaan puskesmas rawat inap di Cimahi tahun ini berlokasi di Puskesmas Cimahi Selatan sebagai percontohan.

Sehingga pada hari Jumat (30/08) Pemerintah Kota Cimahi meresmikan fasilitas puskesmas rawat inap pertama Kota Cimahi yang terletak di Puskesmas Cimahi Selatan Jalan Baros Kota Cimahi. Hadir langsung untukmeresmikan adalah Walikota Cimahi, Ajay M Priatna didampingi jajaran Kepala SKPD, Camat, dan Lurahserta Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Idham Kholid.

Dengan keberadaan fasilitas tersebut diharapkan puskesmas dapat  menangani kasus kesehatan yang dialami masyarakat. Ajay mengatakan, puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan dasar.Hal ini perlu menjadi prioritas karena output kegiatannya berkaitan langsung dengan prioritas pelayanan kesehatan masyarakat.

“Dengan melihat kondisi geografis dan kebutuhan masyarakat, Pemkot Cimahi memprioritaskan peningkatan status puskesmas  Cimahi Selatan dari rawat jalan (non keperawatan) menjadi puskesmas rawat inap (keperawatan),” ucapnya.

Ditemui terpisah, Idham mengatakan bahwa Sekitar 60 persen peserta JKN-KIS dilayani di puskesmas. Untuk mewujudkan kepuasan peserta, puskesmas harus didirikan pada setiap kecamatan dan memenuhi persyaratan lokasi, bangunan, prasarana, peralatan kesehatan, ketenagaan, kefarmasian dan laboratorium sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 75 tahun 2014.

“Puskesmas menjadi fasilitas kesehatan terdepan yang melaksanakan kebijakan paradigma sehat. Fasilitas rawat inap memberi kemudahan masyarakat mengakses layanan kesehatan,kami mengapresiasi Pemkot Cimahi melalui Dinas Kesehatan yang terus berupaya menambah jumlah puskesmas agar terdapat di tiap kelurahan. Juga  menyediakan mobil ambulans siaga untuk membantu masyarakat dalam kondisi darurat.” ujarnya.

(dh)

Loading...

loading...

Feeds

Puluhan Pejabat Ikuti Open Biding

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sebanyak 27 Aparatur Sipil Negara (ASN) telah mendaftar untuk mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …

Cinta Palsu Negeriku

‎Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, menempati peringkat …