Aksi Damai Tolak Referendum Papua

Bandung – Aksi solidaritas untuk Papua digelar oleh sejumlah mahasiswa di depan Gedung DPRD Jabar, Jumat (30/8). Mereka meminta pemerintah menolak referendum dan fokus menjaga solidaritas di Papua.


Aksi damai tersebut dilakukan oleh mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Papua. Di sela unjuk rasa, massa yang tergabung dalam Forum Masyarakat Pemuda dan Mahasiswa Jabar untuk Papua ikut hadir. Tampak ada warga asal Papua yang ikut bergabung dalam aksi tersebut.

Salah seorang warga asal Papua, Dolfi berharap konflik dan diskriminasi di Papua segera berakhir. Ia pun menginginkan Papua tidak dilepaskan oleh Indonesia. “Lebih baik kita ikut yang sudah ada. Kita sudah merasakan kebaikan dari Indonesia, dari mulai zaman Irian Barat sampai sekarang,” kata Dolfi.

Dolfi mengimbau, agar para pemuda dan mahasiswa Papua yang berada di Jabar tidak terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Sebab hal itu hanya akan memecah belah dan berdampak membuat kerusuhan.

“Kita jangan terpengaruh hasutan. Kasihan pace mace di sana toh. Yang tinggal di pedalaman, yang tinggal di hutan, kasihan tidak tahu apa-apa,” kata Dolfi.

Salah seorang orator mengatakan, NKRI dihadapkan dengan sejumlah kelompok yang menyulut perpecahan. Fokus yang harus dilakukan adalah menjaga keberagaman. Sehingga, isu rasisme di negeri ini segera terselesaikan.

Mereka menyatakan Papua adalah bagian terpenting yang harus dirangkul. Isu kekerasan Papua harus segera diselesaikan. Referendum Papua adalah bentuk provokasi yang sengaja dibuat oleh pihak yang ingin memecah belah persatuan NKRI.

“Indonesia harus bijak mengambil hikmah sejarah pergolakan negara-negara berkembang selama ini sebagai pelajaran. Kami meminta hentikan segala bentuk kekerasan di Tanah Papua. Tolak referendum dari Sabang sampai Merauke,” kata orator. (azs)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …