Revitalisasi Pasar Cihaurgeulis Dilanjutkan

REVITALISASI: Pemkot Bandung melanjutkan proyek revitalisasi Pasar Cihaurgeulis yang sebelumnya sempat terhenti.
FOTO : (IST)

REVITALISASI: Pemkot Bandung melanjutkan proyek revitalisasi Pasar Cihaurgeulis yang sebelumnya sempat terhenti. FOTO : (IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sempat mangkrak, revitalisasi Pasar Cihaurgeulis kembali dilanjutkan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bahkan menargetkan pembangunan selesai dalam empat bulan ke depan.


Wakil Walikota Bandung, Yana Mulyana bersama jajarannya telah meninjau langsung lokasi pembangunan. Sejumlah tahapan seperti pemasangan fondasi telah siap di lokasi tersebut.

Yana mengungkapkan, proses revitalisasi Pasar Cihaurgeulis siap dilanjutkan. Proses administrasi yang sempat menghambat pembangunan juga semuanya sudah selesai.

“Urusan perizinan sudah tuntas, demikian pula rekomendasi Tim Ahli Bangunan Gedung. Kini tinggal melanjutkan pembangunan,” katanya, Rabu (28/8/2019).

Berdasarkan rencana, pasar ini akan terdiri dari 4,5 lantai berkapasitas 540 ruang dagang. Kapasitas itu sebagian besar diperuntukkan untuk pedagang eksisting Pasar Cihaurgeulis berjumlah sekitar 380 pedagang.

Selain itu, Pemkot Bandung juga akan menyiapkan zona untuk menampung para perajin sentra kaos Suci. Hal itu merupakan langkah untuk mengantisipasi adanya pembangunan Bandung Intra Urban Tol Road (BIUTR).

“Ada kemungkinan, pembangunan BIUTR memerlukan pelebaran jalan, berefek pada tempat usaha perajin sentra kaus Suci,” kata dia.

Yana menargetkan, pembangunan atau revitalisasi pasar tersebut selesai dalam empat bulan. Sehingga aktivitas ekonomi di lokasi itu bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

“Insya Allah akan selesai dalam empat bulan,” ujarnya.

Sementara itu, Pjs Dirut PD Pasar Lusi Lesminingwati menuturkan, revitalisasi Pasar Cihaurgeulis menghabiskan anggarap sekitar Rp29,5 miliar. Pihaknya telah memulai proses lelang sejak 2017 lalu.

Namun karena ada kendala dari sisi perizinan, proses revitalisasi sempat terhambat. Namun akhirnya kini program revitalisasi kembali dilanjutkan pada tahun ini.

“Nanti nuansa modern menghiasi Pasar Cihaurgeulis. Bagian depan akan ada ornamen Paris Van Java. Setiap lantai dilengkapi toilet dan tempat ibadah. Ada pemisahan loading barang basah dan kering,” katanya.

Sementara itu, perencana arsitektur pembangunan Pasar Cihaurgeulis Wahyu Edi Suwarno memaparkan, pasar mengedepankan prinsip hemat energi, dan ramah lingkungan. Cahaya matahari dapat masuk ke setiap ruang bangunan, menghemat penggunaan listrik. Penerapan aksitektur bangunan juga sangat memerhatikan aliran air.

“Kami mengemas pasar tradisional dengan tampilan menarik. Ruang terbuka hijau di bagian halaman pasar bisa dipakai tempat nongkrong. Menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran, peletakan tanaman hidroponik tampak cukup mewakili unsur hijau,” ujarnya.

(arh/dtk)

Loading...

loading...

Feeds

Belajar Madu di Kedai Lebah

POJOKBANDUNG.com, RANCABALI – Tak hanya menyiapkan sajian madu asli, Kedai Lebah di Jalan Raya Ciwidey-Rancabali Kabupaten Bandung juga memberikan edukasi …