Pemkot Percepat Lelang Awal Tahun

ilustrasi lelang pembangunan

ilustrasi lelang pembangunan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan berupaya mengubah pola lelang agar proyek pembangunan yang direncanakan berjalan lancar. Salah satunya mempercepat proses lelang di awal tahun.


Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menyebutkan, saat ini masih ada beberapa proyek yang proses lelangnya dilakukan pada seperempat tahun bahkan pertengahan tahun. Hal itu tentu akan menghambat pelaksanaan pembangunan apabila lelang yang dilakukan tidak berjalan baik.

Contohnya saja, kata dia, gagalnya lelang pada proyek pembangunan kolam retensi di Gedebage. Proyek itu kemungkinan tidak bisa terealisasi karena pemenang lelang dibatalkan akibat adanya sanggahan.

“Harus ada perubahan mindset. Jangan kembali berulang seperti begini. Kenapa lelang mendekati tiga perempat tahun. Dengan kejadian ada pembatalan lelang, mau lelang lagi meski sudah clear pemenangnya tapi dari sisi waktu tidak memungkinkan akhirnya mubazir. Jangan sampai lah hal-hal itu terjadi,” katanya di Balai Kota Bandung, Rabu (28/8/2019).

Untuk itu, pihaknya menekankan, agar setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD) menyiapkan perencanaan dengan baik agar proses lelang pekerjaan bisa dimulai di awal tahun. Apalagi sebetulnya per 2 Januari APBD itu sudah bisa dieksekusi.

“Kita 2019 per tanggal 2 Januari APBD sudah bisa dieksekusi dan kita ingin ulang di 2020. Jadi lelang di antaranya harus bisa diawal. Jangan sampai APBD di awal tahun tapi kinerjanya sama APBD (lelang) di seperempat tahun. Itu tidak bagus,” ucapnya.

Ema juga menyebutkan, secara regulasi sangat memungkinkan proses lelang itu bisa dilakukan diawal meski APBD belum disahkan. Hanya saja memang belum melakukan perikatan berupa kontrak kerja.

“Tahapan administrasi bisa dimulai meski APBD belum diketok. Tapi selama sudah disepakati menuju ketok harusnya sih (administrasi lelang) bisa berjalan. Yang penting tidak boleh itu ada perikatan karena APBD belum disahkan,” pungkasnya.

(arh/dtk)

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …

Minta Warga Waspada Varian Baru COVID-19

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Kesehatan Kota Cimahi mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 varian baru B 117 yang kasusnya …

Pedagang Jamur Ketiban Berkah Hujan

POJOKBANDUNG.com, PAMULIHAN – Musim hujan yang tengah melanda saat ini, membawa angin segar bagi penjual jamur disepanjang jalan raya Bandung-Cirebon …