Manfaatkan Larva, Aa Gym Luncurkan Pupuk Organik

BANDUNG – Pimpinan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid Abdullah Gymnasiar (Aa Gym) berhasil membuat pupuk cair organik dengan memanfaatkan lalat black soldier fly (BSF) melalui teknologi biokonversi.


Aa Gym menuturkan, pupuk ini dibuat secara alami dan telah mendapatkan sertifikat internasional. Ia berharap, pupuk bermerek MQ Organik itu bisa membantu masyarakat, khususnya para petani dalam mengembangkan produk pertaniannya.

“Pupuk ini dibuat secara sangat alami dan sudah banyak mendapatkan sertifikat dari Belanda,” tutur Aa Gym di sela-sela peluncuran MQ Organik di Eco Pesantren Daarut Tauhid di Jalan Ciwaruga, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (29/8/2019).

Secara teknis, Aa Gym menjelaskan, pupuk itu dihasilkan dari lalat yang larvanya mengeluarkan cairan setelah diberi makan sampah organik. Ia mengaku telah menerapkan pupuk ini terhadap berbagai macam jenis tanaman yang dikembangkan pada lahan percontohan (demplot).

“Pupuk ini benar-benar organik, tidak ada unsur-unsur kimia buatan dan kemudian lebih efisien, harganya juga lebih murah. Produk yang dihasilkan pun lebih berkualitas. Sehingga, petani pun diharapkan lebih meningkat kesejahteraannya,” kata Aa Gym yang juga Komisaris di PT MQ Organik.

Aa Gym pun siap mendampingi para petani yang ingin tahu manfaat pupuk tersebut. Ia pun memberikan kesempatan kepada para petani dengan menyediakan pupuk organik ini secara cuma-cuma.

“Kami punya ratusan demplot, kita akan fasilitasi, kita beri pupuk, kita beri pendampingan, supaya bisa merasakan manfaatnya langsung,” katanya.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT MQ Organik Boyke Febrian Mohamad MQ Organik dibuat sebagai sumbangsih dari bagi masyarakat.

“Petani sejahtera Indonesia merdeka, seperti tema besar dari launching ini. Kita ingin benar-benar memberikan sebuah manfaat bagi petani. Jika para petani sejahtera, maka kebutuhan pangan kita akan terjamin,” jelas Boyke.

Berdasarkan hasil yang sudah diperoleh beberapa petani, ia meyakini, pupuk cair hayati ini membuat panen lebih berkualitas.

“Alhamdulillah dari berbagai percobaan yang dilakukan oleh petani, ternyata kualitasnya pun bagus, tanaman lebih hijau, dan juga lebih segar dengan pupuk ini,” tuturnya.

Sementara itu, tenaga ahli PT MQ Organik Muhammad Haris menjelaskan, produk MQ Organik ini sudah tersertifikasi dan mendapatkan izin edar dari Kementerian Pertanian (Kementan). Bahkan, sertifikat yang diperoleh dikeluarkan oleh Control Union yang merupakan Badan Sertifikasi Internasional, termasuk sertifikat organik dari Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman (LeSOS) di Indonesia.

Haris menyebutkan, saat ini kapasitas produksi MQ Organik mencapai 500 ton per bulan. Namun, melihat kondisi pasar saat ini, pihaknya baru memproduksi MQ Organik sebanyak 100 ton per bulan yang sudah didistribusikan hampir ke 30 provinsi di Indonesia.

Haris menambahkan, kelebihan MQ Organik terdapat dalam kandungannya yang terdiri atas mikroba, hormon, dan trichoderma sebagai imunitas alami pada tumbuhan. Menurut dia, kandungan trichoderma ini dapat membuat daya tahan tanaman lebih kuat terhadap serangan hama, penyakit, dan cuaca ekstrem.

“Selain itu, proses kita bebas kimia, ramah lingkungan, itu yang paling penting saat ini. Jadi, tidak ada kimia, hasilnya pun dipastikan sehat. Kita sebagai konsumen yang memakan hasil pertaniannya itu pun bisa sehat,” jelasnya.

Loading...

loading...

Feeds