Harley-Davidson Resmi Kenalkan Motor Listrik LiveWire

Sepeda motor listrik Harley-Davidson LiveWire. (Electrek)

Sepeda motor listrik Harley-Davidson LiveWire. (Electrek)

POJOKBANDUNG.com – Sepeda motor Harley-Davidson identik dengan karakteristiknya yang gahar dan ber-CC besar dengan keluaran suara menggelegar (ngeblar). Meski terkenal dengan karakter demikian, Harley-Davidson kini resmi meluncurkan sepeda motor bertenaga listrik yang lebih ramah lingkungan. Dia bernama LiveWire.


Dikutip JawaPos.com dari Electrek, Rabu (28/8), Harley-Davidson telah menggoda sepeda motor listriknya, LiveWire, selama lebih dari empat tahun. Baru-baru ini mereka mengumumkan secara resmi harga dari sepeda motor listrik itu.

Motor listrik Harley-Davidson LiveWire sekarang tersedia untuk dipesan. Harley-Davidson LiveWire dijual layaknya harga eceran sepeda motor listrik buatan Amerika Serikat (AS) terbaru. Harganya pun tak murah. Harley-Davidson LiveWire dipatok seharga USD 29.799 atau setara dengan Rp 427 jutaan.

Detail tentang spesifikasi dan teknologi mekanik LiveWire sebelumnya sudah beberapa terungkap menjelang peluncuran. Misalnya saja motor tersebut dibekali rem Brembo berkualitas tinggi, suspensi Showa yang dapat disetel sepenuhnya, ban sport Michelin, rem anti-lock, kontrol traksi, dan masih banyak lagi.

Sebagai pengingat, Harley-Davidson juga lekat dengan stigma sepeda motor premium yang juga menyasar pelanggan premium. Untuk sistem penggeraknya, Harley-Davidson full Electric Vehicle (EV) LiveWire disebut dapat melaju sejauh 177 Km.

Direktur Perencanaan Sepeda Motor di Harley-Davidson Paul James mengatakan, kapasitas baterai dan daya motor yang tepat mungkin masih mengalami perubahan kecil sebelum produksi, sehingga angka terakhir belum terungkap.

Namun sepeda motor listriknya itu dikatakan sebanding dengan Zero SR. SR menawarkan jangkauan daya jelajah kota atau jalan raya campuran sejauh 193 km dengan paket 14,4 kWh. Dengan demikian dapat diprediksi untuk baterai dan motor penggerak Harley-Davidson LiveWire mungkin akan di antara baterai Zero SR.

LiveWire diklaim memiliki kemampuan melesat dari nol sampai 100 Km per jam dalam waktu 3,5 detik saja. Sedikit lebih cepat dari Zero SR juga. Zero SR memiliki motor 52 kW, sehingga LiveWire mungkin mengemas sedikit lebih banyak tenaga di antara kedua lutut pengguna.

Perlu di ingat juga, LiveWire ini adalah motor listrik yang berputar dan dapat melaju tanpa kopling atau roda gigi. Jadi torsi yang ditawarkan tersedia dalam pilihan otomatis. Ketika user membuka pedal gas, tenaga akan langsung tersedia.

Fitur lain yang ingin ditunjukkan Harley-Davidson adalah sifat motor yang sangat terhubung. Perusahaan ini mengembangkan serangkaian layanan yang diaktifkan oleh unit kontrol telematika yang terhubung LTE yang tersembunyi di bawah kursi sepeda motor.

Unit ini memungkinkan ponsel cerdas pengendara untuk mengakses segala sesuatu mulai dari pemeriksaan status jarak jauh, status pengisian baterai dan waktu hingga selesai, perencanaan perjalanan, pemberitahuan pencurian atau perusakan, pelacakan GPS, pengingat layanan, diagnostik, dan lainnya.

Perusahaan juga menyebut teknologi ini menjadikan LiveWire sebagai sepeda motor listrik pertama yang terhubung dengan pasar seluler Amerika Utara. Harley-Davidson sedang dalam proses mempersiapkan dealer mereka untuk sepeda motor listrik baru.

Perusahaan berencana memiliki setidaknya satu dealer di 50 negara bagian AS yang memasarkan LiveWire, dan lebih banyak lagi di wilayah metropolitan besar. Dealer juga harus memenuhi daftar persyaratan termasuk yang paling penting meng-install pengisian cepat DC di tempat dan mempersiapkan tenaga ahli sepeda motor listriknya.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

DWP Jabar Gelar Pelatihan Budi Daya Tanaman Hias

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Provinsi Jawa Barat berkolaborasi dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana …

Petugas Temukan Kompor Listrik di Lapas Banceuy

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga Pemasyarakatan Kelas II A Banceuy melakukan razia terhadap warga binaannya untuk menyikapi kejadian kejadian di masyarakat, …

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …