POJOKBANDUNG.com, – Bandung Barat, BPJS Kesehatan terus berinovasi dalam berbagai hal untuk menunjang peningkatan kepuasan peserta JKN-KIS. Kini BPJS Kesehatan juga mengembangkan sistem yang memudahkan mitranya khususnya Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yaitu dengan uji coba e-Claim Primer pada FKTP.
Dalam rangka penerapan Uji Coba Program Elektroik Claim (e-Claim) Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), BPJS Kesehatan Cabang Cimahi menyelenggarakan Sosialisasi Implementasi E-Claim kepada seluruh FKTP Rabu (28/08/2019). Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Dian Arnaz.
e-Claim di FKTP merupakan digitalisasi proses pelayanan dari input pelayanan dan penyampaian klaim tagihan oleh FKTP serta proses verifikasi oleh Kantor Cabang yang bertujuan untuk mempercepat proses verifikasi klaim non kapitasi secara efektif, efisien dan akurat melalui pengembangan logic praverifikasi tersistem serta meningkatkan kepuasan Fasilitas Kesehatan.
“Digitalisasi Klaim Non Kapitasi atau yang lebih sering disebut e-Claim Primer merupakan proses perekaman data klaim secara elektronik yang bertujuan untuk menyederhanakan proses pengajuan klaim non kapitasi oleh FKTP yang dapat digunakan sebagai dokumentasi data pelayanan peserta JKN-KIS secara digital,” ujarDian
Dian menambahkan, e-Claim ini akan dapat berjalan dengan baik apabila FKTP memberikan komitmen penuh pada Program JKN-KIS, antara lain memberikan pelayanan berkualitas kepada peserta JKN-KIS, menyediakan jaringan komunikasi data sesuai spesifikasi, menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk menunjang pelayanan kepada peserta JKN-KIS, menjaga dan meningkatkan ketertiban dalam melakukan entri pelayanan secara realtime, dan menjaga validitasi dan kualitas entry pelayanan peserta JKN.
Menurut Maya, salah satu perwakilan sosialisasi dari Klinik Nayaka Husada mengatakan bahwa dirinya selalu mengikuti perkembangan aplikasi P-Care dan menurutnya aplikasi yang sekarang sudah lebih baik daripada yang sebelumnya. Melihat kemajuan dari penjelasan yang diberikan Pihak BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Maya optimis jika aplikasi ini akan memudahkan berbagai macam pihak, khususnya bagi dirinya dan tempatnya bekerja.
“Dulu kami selalu membuat pemberkasan secara rangkap dua, namun dengan adanya e-Claim kami tidak perlu lagi melakukannya. Hanya perlu satu rangkap berkas dan kami pun juga memiliki rekam medis yang rapi dari masing-masing pasien yang mendapatkan pelayanan kesehatan di tempat kami. Kami siap mendukung program e-Claim di FKTP, semoga ke depannya pelayanan di seluruh FKTP lebih baik dengan menggunakan program yang sangat bagus ini,” tutur Maya.