Lima Fraksi DPRD Kota Bandung Tolak Benny Bachtiar

BERSAKSI: Kabid Pengembangan Karir, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat, Dedi Mulyadi saat menjadi saksi di Pengadilan Negeri Tata Usaha Negara (PTUN), Jalan Diponogoro, Senin (26/8/2019).
Foto : ( Azzis Zulkhairil/Radar Bandung )

BERSAKSI: Kabid Pengembangan Karir, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat, Dedi Mulyadi saat menjadi saksi di Pengadilan Negeri Tata Usaha Negara (PTUN), Jalan Diponogoro, Senin (26/8/2019). Foto : ( Azzis Zulkhairil/Radar Bandung )

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Polemik pengangkatan Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Bandung
memulai babak baru. Sejumlah alasan kenapa Benny Bachtiar tak kunjung dilantik Oded M Danial menjadi Sekda terungkap, dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tata Usaha Negara (PTUN) Kota Bandung, Jalan Diponogoro, Senin (26/8/2019).


Alasan pertama diketahui dari pengakuan seorang saksi yakni Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Karir, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat Dedi Mulyadi. Kata dia, berdasarkan hasil open bidding yang digelar Pemkot Bandung
pada April hingga Mei 2018, dari tiga calon yang ditetapkan Pemkot Bandung (Salman, Ema Sumarna dan Benny Bachtiar). Nama Benny menjadi calon yang lolos dan mendapat rekomendasi dari Gubernur Jabar dan Kemendagri.

“Dari tiga orang ditetapkan satu orang kandidat terpilih yaitu saudara Benny dan harus dilantik menjadi Sekda. Itu juga ada dalam surat yang sudah dikeluarkan Gubernur Jabar dan Kemendagri itu,” ujar Dedi saat bersaksi.

Ia melanjutkan, saat menyerahkan surat tersebut kepada Walikota Bandung, Oded M. Danial dirinya mendapat pernyataan berbeda. Kata dia, Oded mengaku belum bisa melantik Benny Bachtiar dengan alasan kondisi belum memungkinkan.

“Pak Walikota (Oded) bilang, kalau melihat perkembangan saat ini tidak memungkinkan untuk melantik Benny Sebagai Sekda Kota Bandung. Alasannya, lima dari enam Fraksi DPRD Kota Bandung merasa keberatan,”ungkapnya.

Saksi lainnya, mantan Kabiro Hukum Kemendagri, Widodo Sigit Pujianto mengatakan, bahwa keputusan Oded tidak melantik Benny Bachtiar merupakan sebuah pembangkangan kepada institusi negara.

“Menurut saya ini keputusan salah. Ini sudah melakukan pembangkangan, tidak boleh itu, Ini negara kesatuan bukan federal,”ujar Widodo usai persidangan.

Widodo menyebut, ketika surat rekomendasi sudah diserahkan, seharunya Walikota Bandung langsung melantik. Tidak mengundur-undur dengan berbagai alasan.

“Surat Kemendagri itu harusnya langsung dilaksanakan. Kenapa tidak dilakukan, dia malah mengulur-ulur, itu trik. Ini ada unsur kesengajaan, ini sudah berulang kali saya sampaikan,”tambahnya.

Dipihak lain, pengacara Pemkot Bandung, Bambang Suhari mengatakan, pihaknya menampik melakukan pembangkangan kepada Kemendagri. Hal tersebut akan ia buktikan dengan menghadirkan saksi dalam sidang selanjutnya.

“Disebelah mana pembangkangannya. Kami punya dalil. kami akan hadirkan saksi ahli dan fakta untuk penggugat,”ujar Bambang.

Disinggung soal penolakan dari lima Fraksi DPRD Kota Bandung, Bambang tidak menjelaskan secara rinci soal hal tersebut. Ia mengaku bahwa Ema Sumarna tetap menjadi calon yang sah untuk dilantik.

“Sampai saat ini kami berpedoman, alasan kepada Walikota Bandung melantik Ema Sumarna. Ya’ karena rangking satu pada hasil seleksi,”tandasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Benny Bachtiar merupakan calon kota Sekda Kota Bandung. Ia juga direkomendasikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Kemendagri. Namun belakangan, Walikota Bandung memilih Emma Sumarna sebagai Sekda.

Atas pelantikan tersebut, Benny Bachtiar kemudian mengajukan gugatan ke ke PTUN Bandung terhadap SK Walikota itu. Dalam gugatannya, Benny meminta majelis hakim untuk membatalkan SK tersebut. Saat ini Benny tercatat sebagai staf ahli Pemkot Cimahi.

(azs)

Loading...

loading...

Feeds

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …