Dinsos Jabar Gelar Olimpiade Pahlawan Indonesia

FOTO : ( ILUSTRASI )

FOTO : ( ILUSTRASI )

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI—Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Olimpiade Pahlawan Indonesia melalui kegiatan cerdas cermat tingkat SMA /SMK.
Kegiatan tersebut merupakan salah satu program Kementerian Sosial RI yang pesertanya terdiri dari para pelajar SMA/MAN/SMK sederajat.
Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Jabar Dr Dodo Suhendar MM mengatakan, Biro Pusat Statistik (BPS) Jabar memproyeksikan jumlah penduduk Jabar 49,02 juta jiwa lebih, yang sebagian besar adalah anak-anak dan generasi muda.
Sosok generasi muda Jabar, menurut Dodo, merupakan potensi sumber daya manusia yang berkualitas dan asset yang sangat berharga untuk pembangunan serta kemajuan Jabar, sesuai visi Pemprov Jabar “Terwujudnya Jabar Juara Lahir Batin dengan Inovasi dan Kolaborasi “.
Berbagai fase sejarah membuktikan, generasi muda merupakan agen-agen pendobrak pembaharuan, karena di usianya yang masih muda, masih kuatnya idealisme, pemikiran dan gagasan yang cemerlang, tidak mudah puas serta mempunyai potensi tenaga dan semangat yang menggebu-gebu.
Pada masa zaman Sumpah Pemuda, Proklamasi, orde lama, orde reformasi para pemuda merupakan pelopor dalam alih generasi tersebut. Namun dikhawatirkan potensi dan energi mereka bila tidak tersalurkan dan terarahkan dengan baik maka tidak sedikit para pemuda tersebut terjerumus pada perilaku yang justru merugikan dirinya, keluarga, masyarakat dan bangsanya seperti tawuran, narkoba, sex bebas, geng motor dan kriminalitas. Seperti tergambar dari berita-berita di media cetak, elektronik maupun internet berbagai perilaku menyimpang para pemuda, pelajar dan mahasiswa sudah sangat mengkhawatirkan.
“Untuk itu, melalui kegiatan ini kita bangkitkan semangat luhur serta nilai-nilai semboyan perjuangan bangsa agar kita segera bangkit dari persoalan-persoalan yang masih melilit bangsa kita yaitu kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, tercerai berai, disintegrasi bangsa dan lain-lain,” demikian sambutan Kadinsos Jabar pada pembukaan Olimpiade Pahlawan Indonesia di Aula Sawala Dinsos Jabar, Kota Cimahi, Kamis (22/8/2019).
Melalui kegiatan ini, Dodo berharap, untuk terus dapat ditanamkannya nilai-nilai kepahlawanan, keperintisan dan kesetiakawanan sosial bagi pelajar sebagai inspirasi bagi generasi penerus. Karena nilai-nilai tersebut dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat pada dasarnya telah ada sejak zaman nenek moyang kita. Jiwa dan semangat tersebut merupakan potensi spiritual dan sekaligus sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini merupakan nilai – nilai yang dapat terus diestafetkan kepada generasi muda dan pelajar karena para pemuda dan pelajar merupakan harapan bangsa, calon-calon pemimpin bangsa dimasa mendatang.
Sudah saatnya generasi muda atau penerus bangsa seperti pelajar dikenalkan dan diberdayakan terus kepada nilai-nilai kepahlawanan, kejuangan, kesetiakawanan dan restorasi sosial yang sudah mulai luntur. “Dengan mengenal para pahlawan, maka kita pun akan diajarkan untuk terus berjuang mencapai cita-cita seperti para pendiri bangsa (Founding Father),” pungkas Dodo.


(ymi)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …