Tidak Perlu Takut Biaya Mahal Ternyata Gratis Pakai JKN-KIS

Wartini

Wartini

POJOKBANDUNG.com, CIMAUNG – Semakin banyaknya pasien di rumah sakit yang berobat dengan menggunakan JKN-KIS hal ini semakin banyaknya masyarakat akan manfaat yang diberikan  BPJS Kesehatan. Dengan banyaknya masyarakat yang sadar tak lain alasannya bahwa semua biaya operasi atas indikasi medis ditanggung BPJS Kesehatan, oleh karena itu agar biaya operasi bisa ditanggung oleh BPJS Kesehatan maka harus mengikuti prosedur layanan yang berlaku. Salah satu operasi yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan adalah operasi Tumor.


Tumor adalah benjolan yang muncul akibat sel yang memperbanyak diri secara berlebihan, atau akibat sel lama yang seharusnya mati masih terus bertahan hidup, sementara pembentukan sel baru terus terjadi.

Tumor dapat terjadi di bagian tubuh mana pun dan ada yang bersifat jinak maupun ganas.Seperti yang dialami Wartini (56) tumor yang tumbuh di bagian lehernya. Pada saat ditemui (26/08) Wartini menceritakan bahwa ia punya penyakit tumor selama 17 tahun.

“Dari dulu juga mau berobat dan katanya harus di operasi tapi almarhum suami saya melarangnya, karena takut biayanya mahal sedangkan buat sehari-hari saja hanya mengandalkan jualan rongsokan,” ucap Wartini.

Bukan tidak mau melakukan pengobatan hanya saja Wartini tersendat biaya. Padahal sudah dari dulu semenjak berdirinya BPJS Kesehatan ia dan keluarganya sudah terdaftar menjadi peserta JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Sepeninggalan suaminya barulah Wartini memberanikan diri untuk berobat. Pada tanggal 14 Maret 2019 lalu akhirnya Wartini dilakukan operasi pengangkatan tumor.

“Harusnya dari dulu saya berobat karena takut biaya mahal dan menurut pada suami jadi baru bulan Maret kemarin saya berobat dan dapat rujukan dari Puskesmas Cimaung ke Rumah Sakit Al-Ihsan untuk dilakukan operasi, masih ada rasa takut, takut di operasinya, takut bayar juga tapi alhamdulillah seperti yang diceritakan orang lain ternyata BPJS Kesehatan itu gratis tanpa biaya sepeserpun. Saya sangat bersyukur sekali sudah tertolong oleh BPJS Kesehatan,” ujar Wartini yang masih bermatapencaharian sebagai tukang rongsokan ini.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Karya yang Membuat Tanya

Gedung Munara 99 dan Skywalk Sabilulungan akhirnya telah rampung dibangun. Bangunan yang akan menjadi ikon dan kebanggaan masyarakat Kabupaten Bandung …

Cinta Palsu Negeriku

‎Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Raharja, sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung, menempati peringkat …