Rp 100 Miliar Hanya Cukup untuk Basement

INFRASTRUKTUR : Kondisi bangunan tribun VIP Stadion Sangkuriang.
( Foto : TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG )

INFRASTRUKTUR : Kondisi bangunan tribun VIP Stadion Sangkuriang. ( Foto : TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG )

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Cimahi memastikan perbaikan Stadion Sangkuriang difokuskan pada struktur bangunan dan tempat parkir basement.


Kepala Bidang Tata Bangunan Dinas PUPR Kota Cimahi, Deni Hendiani, mengatakan dengan anggaran Rp100 miliar dari bantuan Provinsi Jawa Barat, belum bisa menyentuh bangunan utama stadion.

Rencananya, pengerjaan fisik perbaikan stadion yang ada di Jalan Sangkuriang, Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi itu dilaksanakan tahun 2020 mendatang.

“Anggaran yang Rp100 miliar itu hanya cukup untuk struktur basement sekaligus pengerukannya, sulit kalau untuk stadionnya,” ujar Deni.

Jika pengerjaan dialihkan ke bangunan utama struktur terlebih dahulu, maka akan bermasalah karena tidak tersedianya lahan parkir bagi pengunjung ke stadion.

“Kalau inginnya stadion dulu atau Rp100 miliar itu selesai saja, ya tidak bisa. Karena nanti kalau stadionnya beres tapi tidak punya lahan parkir,” katanya.

Kebutuhan material untuk pengerjaan fisik tahun depan dengan anggaran Rp100 miliar diantaranya tiang pancang, dinding full beton, dan besi kerangka basement.

“Kalau yang utama ya itu kebutuhannya, jadi nanti bagian basement itu akan dilapisi betok secara keseluruhan. Tiang pancangnya harus kokoh, jadi pakai material terbaik,” tuturnya.

Berdasarkan Detail Engineering Design (DED) yang sudah dibuat pada tahun 2018, kebutuhan anggaran perbaikan Stadion Sangkuriang sebesar Rp275 miliar.

“Perbaikan nanti akan ikut DED, jadi tidak bisa seenaknya mengubah DED. Memang kebutuhan anggarannya kurang, tapi bisa diakali dari pendampingan APBD,” jelasnya.

Selain membuat basement, pihaknya juga bakal membongkar GOR Sangkuriang yang saat ini berdiri dan posisinya dipindah ke depan pintu gerbang utama Stadion Sangkuriang.

“Kita bongkar dulu GOR yang sekarang, nantu digeser ke depan gerbang utama jadi disambungkan dengan koridor, tidak terpisah jauh,” tegasnya.

Sementara itu, pembangunan stadion yang memiliki nilai sejarah tinggi bagi masyarakat Cimahi itu, Asosiasi Kota Cimahi berharap pembangunan tahun 2020 tidak hanya wacana saja.

Ketua Asosiasi PSSI Kota Cimahi, Yus Rusnaya mengatakan, dalam upaya membangun Stadion Sangkuriang, sebagai pelaku sepak bola di Cimahi tentu pihaknya mendukung segala bentuk percepatan pembangunannya.

“Mayarakat sudah sangat berharap stadion segera dibenahi, makanya saya juga akan bantu pemerintah. Apalagi revitalisasi stadion ini merupakan program prioritas walikota,” kata Yus, yang juga anggota DPRD Kota Cimahi.

Menurutnya, khusus di bidang olah raga sepak bola, Kota Cimahi memiliki potensi yang cukup besar. Sehingga jika pembangunan fisik stadion tersebut bisa terealisasi maka, untuk mendogkrak popularitas daerah melalui olah raga bisa terwujud.

“Jangan sampai program prioritas ini molor lagi,” tandasnya.

(dan/gat)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …