Pelantikan Anggota DPRD Jadi Sorotan Warga

SUASANA: Tampak depan hotel Mason Pine di Kota Baru Parahyangan, Padalarang.
( IST )

SUASANA: Tampak depan hotel Mason Pine di Kota Baru Parahyangan, Padalarang. ( IST )

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) periode 2019-2024 yang akan digelar di hotel berbintang ini mendapatkan beragam reaksi dari warga.


Pelantikan yang akan dilakukan hari ini, Senin (26/8/2019) pukul 10.00 WIB itu akan berlangsung di hotel mewah bintang lima yakni Mason Pine Hotel, Kota Baru Parahyangan, Padalarang.

Sejumlah masyarakat ada yang menggangap wajar namun tidak sedikit juga yang menganggap pemborosan anggaran serta pelantikan tersebut menjadi ajang pamer bagi sejumlah angggota dewan yang terpilih.

Seperti menurut seorang warga Padalarang, Wahyu Setiadi (36) mengatakan, semestinya pelantikan anggota DPRD tidak dilakukan di tempat yang mewah. Sebab, biasanya pelantikan hanya berupa upacara, jadi sayang jika harus dilakukan di hotel berbintang karena hanya menghambur-hamburkan uang rakyat. Lebik baik uangnya dipergunakan untuk mendukung produk DPRD yang pro kepada rakyat.

“Orang juga tahu Mason Pine itu hotel mewah, Nggak mungkin sewanya kurang dari Rp100 juta. Apalagi dewan yang dilantik pasti bawa keluarga dan kolega terdekatnya. Sewa tempat, makan, dan lain-lain bisa ratusan juta, kan sayang uang sebesar itu hanya untuk satu hari saja,” ungkapnya, Sabtu (24/8/2019).

Warga lainnya, Saefulloh (40) menilai, sebaiknya proses pelantikan DPRD dilakukan di tempat sederhana. Selain untuk menghindari pemborosan, hal ini juga agar tidak melukai perasaan warga KBB yang masih membutuhkan bantuan dan perhatian.

Anggota DPRD adalah refresentasi rakyat sehingga harus dekat dengan rakyat. Padahal untuk lebih mendekatkan dengan rakyat atau pemda, bisa saja pelantikan di gelar di Ballroom di kompleks Pemda KBB yang refresentatif dan luas.

“Ketika sekretariat dewan menggelar pelantikan di hotel mewah, bukan hanya pemborosan, warga juga akan sungkan untuk masuk melihat figur pilihannya. Jadi saya kira tidak efektif dan tidak mengena di kalangan masyarakat bawah,” kata warga Ngamprah ini.

Terkait hal ini, Sekretaris DPRD KBB Ronny Rudyana enggan terbuka mengenai besaran anggaran yang disiapkan khusus untuk menyewa Mason Pine Hotel, di Kompleks Elit Kota Baru Parahyangan, Padalarang.

Dia berkelit, pemilihan hotel berbintang tersebut sudah mempertimbangkan kebutuhan acara. Apalagi, akan datang sebanyak 750 tamu undangan, sehingga kapasitas gedung DPRD KBB di Tagog, Padalarang tidak akan bisa menampung tamu jika pelantikan digelar di sana.

“Sebanyak 750 undangan akan hadir dalam proses pelantikan ini, jadi kalau dipaksakan digelar di Tagog (Kantor DPRD) tidak akan cukup,” ucapnya.

(bie)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …