Rangkaian Peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI Tingkat Jabar, Heboh

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Barat menggelar rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI Tingkat Provinsi Jawa Barat.

Acara pertama adalah Harganas on The Spot di taman Superhero dan taman Sejarah Kota Bandung (29/6/2019).

Peringatan Hari Keluarga Nasional tahun ini juga digelar secara spontan dengan melibatkan para keluarga yang berkunjung di Taman Superhero dan Taman Sejarah Bandung.

Kegiatan dilaksanakan atas kerjasama dengan Radio Cakra Bandung dan Picu Pacu Creative, juga para Duta GenRe di wilayah Bandung Raya. Selain sosialisasi mengenai Hari Keluarga, di kegiatan ini juga para anak-anak dilibatkan dalam sesi bercerita dari Kak Rani mengenai kisah Kaci Beni (KB) yang cinta lingkungan dan kesehatan, sebagai salah satu aspek implementasi 8 fungsi keluarga.

Acara kedua adalah upacara peringatan Hari Keluarga di Gedung Sate (01/08/2019). Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menekankan bahwa keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam membentuk kepribadian anak bangsa dan kehidupan bernegara.

Mengapa demikian? Karena setiap keluarga memiliki fungsi, yang disebut 8 Fungsi Keluarga. Fungsi agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan, reproduksi, sosial budaya, serta fungsi lingkungan.

”Pemerintah mengharapkan pelaksanaan peringatan Hari Keluarga tepat tanggal 29 Juni, sebagai amanah Perpres No. 39 Tahun 2014 dimaksudkan agar hari keluarga lebih membumi secara bertahap. Lebih bisa dirasakan nuansa cinta, kasih dan sayang antar anggota keluarga sehingga makna Hari Keluarga benar-benar dirasakan di masyarakat,” ujar Ridwan Kamil.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Barat pada upacara peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI Tahun 2019 yang dilaksanakan di halaman Gedung Sate Bandung (01/07/2019).

Upacara ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat, Kepala OPD tingkat Provinsi Jawa Barat, beserta mitra kerja terkait Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Upacara ini merupakan salah satu bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam mendukung Program KKBPK demi mewujudkan keluarga bahagia, Juara Lahir Batin.

Selanjutnya adalah Pasanggiri Kreativitas KIE Bagi Pengelola Program KKBPK Tingkat Desa/Kelurahan se-Provinsi Jawa Barat (21/8/2019).

Kegiatan dengan tajuk lomba paduan suara antar kabupaten dan kota se-Jawa Barat ini merupakan salah satu rangkaian peringatan Harganas tingkat Jawa Barat. Karena pesertanya adalah Kader KB dan Petugas Lapangan KB di tingkat Desa/Keluarahan se-Jawa Barat.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Barat di Taman Budaya Dago Tea House Bandung, (21/8/2019). Dengan tema “Kampung KB Giat, Pembangunan Keluarga Makin Kuat”, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan keterampilan tenaga lini lapangan dalam melaksanakan KIE, dan untuk meningkatkan semangat para Pos KB dan Kader Kampung KB dalam memberikan KIE kepada masyarakat.

Mupen Racing, (26-28/08/2019)

Mobil Unit Penerangan KB Roadshow Ayo Cegah Stunting (MUPEN RACING) merupakan kegiatan Promosi dan Sosialisasi dalam bentuk aktivitas KIE (Komunikasi, Informasi Edukasi) program pembangunan Jawa Barat berbasis kependudukan dan ketahanan keluarga, terutama mengenai pencegahan stunting dengan mengoptimalkan 100 Hari Pertama Kehidupan (HPK) kepada masyarakat di 3 kabupaten yang dilalui oleh tim roadshow.

Kegiatan ini juga merupakan aktivitas KIE below the line yang menyentuh langsung ke lini lapangan. Diikuti oleh 30 MUPEN dari kabupaten/kota se-Jawa Barat serta MUPEN Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Barat. Start dari Bandung (Gedung Sate) – Titik 1. Kabupaten Bandung. – Titik 2. Kabupaten Cianjur. – Finish Kabupaten Sukabumi (Pelabuhan Ratu).

Karena sifatnya adalah roadshow KIE, di dalam acara akan ada Pemberian Materi terkait Pencegahan Stunting kepada masyarakat dengan mengoptimalkan 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) oleh Narasumber. Sosialisasi dan KIE dilaksanakan selama 3 jam dengan hiburan dan pembagian doorprize kepada masyarakat. Pada setiap titik juga akan diserahkan bantuan kepada Pengelola Kampung KB yang dilewati oleh Tim MUPEN RACING. Pada setiap titik sosialisasi juga akan diramaikan oleh OB Van setempat. Sebelum acara dapat dilakukan Wawar (pengumuman) pelayanan KB kepada masyarakat dalam rangka menyambut hari keluarga nasional di masing-masing kabupaten.

 

Puncak Peringatan Harganas, (29/08/2019)

Dipusatkan di Lapang Cangehgar Pelabuhan Ratu Kabupaten Sukabumi. Kegiatan akan dihadiri oleh Kepala BKKBN dan Gubernur Jawa Barat serta Bupati Sukabumi. Dalam kegiatan puncak peringatan Harganas tahun ini mengambil fokus pada launching Kader KB sebagai PELOPOR Pembangunan Keluarga di Jawa Barat.

Akan menghadirkan tidak kurang dari 5000 kader KB dari seluruh desa se-Jawa Barat, Gubernur Jawa Barat juga akan melakukan sapa warga, berinteraksi dengan kader KB yang hadir di lokasi puncak peringatan. Sesi ini akan dipandu oleh artis ibu kota yaitu Nirina Zubir beserta suami.

Pada puncak peringatan ini juga akan diserahkan penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Presiden RI oleh Kepala BKKBN kepada Bupati Sukabumi atas komitmen dan dukungannya terhadap Program KKBPK, khususnya di Jawa Barat.

Selain berbagai kesgiatan tersebut, pada puncak peringatan Harganas 26 tingkat Jawa Barat di Sukabumi ini juga akan diramaikan dengan berbagai penampilan kesenian local, pameran dan gelar dagang produk UPPKS dari seluruh Jawa Barat, juga pameran Program KKBPK Jawa Barat.

(ymi/pojokbandung)

 

Loading...

loading...

Feeds

BPJSTK Mengajar Edukasi Pelajar SD Cibentar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat berbagi ilmu pengetahuan dan memberikan semangat kepada siswa Sekolah Dasar (SD) …