Kemarau, Kodim 0605 Subang Bantu Petani

CINDERA MATA : Dinas Penelitian dan Pengembangan Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Darat (Dislitbang TNI-AD) saat memberikan cindera mata ke sejumlah tamu undangan di Aula Abhinaya Makodim 0605 Subang,  Kamis (22/8/2019).
(foto: M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

CINDERA MATA : Dinas Penelitian dan Pengembangan Tentara Nasional Indonesia – Angkatan Darat (Dislitbang TNI-AD) saat memberikan cindera mata ke sejumlah tamu undangan di Aula Abhinaya Makodim 0605 Subang, Kamis (22/8/2019). (foto: M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Kodim 0605/Subang telah menyiapkan langkah antisipasi untuk menghadapi musim kemarau panjang. Salah satunya adalah dengan melakukan pengawalan langsung penanaman benih padi gogo di lahan seluas 200 hektare.

Dandim 0605/Subang Letkol Arh. Edi Maryono melalui Kasdim, Mayor Inf.Deni Zaenal Mutaqin, penanaman padi gogo tersebut akan dipusatkan di kecamatan Pusakanagara dan Compreng yang mengalami kesulitan pengairan.

Lanjutnya, selain tugas pokok TNI menjaga keutuhan NKRI, tugas lainnya adalah ikut membantu pihak pemerintah  (Dinas Pertanian) seperti terlibat dalam kegiatan pertanian pengaturan air untuk pesawahan terutama di daerah yang beririgasi dan membantu masyarakat, yang dilanda krisis air bersih.

“Dalam penanggulangan kegagagalan panen akibat kekeringan, selama musim kemarau kami sudah melakukan uji lapangan terhadap penanaman padi gogo seluas 200 hektare, di Kecamatan Pusakangara dan Compreng,” ujar Deni usai menerima tim Diklitbang TNI-AD, digelar di Aula Abhinaya Makodim 0605 Jalan Mayjen Sutoyo No. 27 Subang, Kamis (22/8/2019).

Dinas Penelitian Dan Pengembangan Tentara Nasional Indonesia – Angkatan  darat (Dislitbang TNI-AD) mengunjungi Markas Kodim 0605/Subang untuk menggelar uji validasi dan realibilitas instrumen penelitian tentang pengaruh keberadaan komando kewilayahan dan kualitas aparat teritorial terhadap peningkatan ketahanan nasional.

Kunjungan kerja Dislitbang ini pun dipimpin langsung oleh Kolonel (Kav) R. Hadiono selaku peneliti utama insani materil sismet Diklitbang TNI-Angkatan Darat (AD) bersama rombongan.

Hadir dalam acara tersebut, diikuti oleh  perwakilan dari Tokoh Masyarakat, tokoh Penuda, tokoh Agama, Ormas, Okp, Polres Subang, unsur Pemkab Subang.

Dalam penyampainanya Kolonel (Kav) R. Hadiono mengungkapkan dari hasil uji validasi dan realibilitas instrumen penelitian tentang kualitas keberadaan komando kewilayahan dan kualitas aparat teritorial terhadap peningkatan ketahanan nasional, Kodim 0605 Subang dianggap bagus oleh masyarakat.

Bahkan apa yang menjadi tupoksi TNI selain tugas perang, yaitu membantu masyarakat, kepolisian dan Pemda, sudah berjalan dan sinergi dengan baik, salah satunya dalam mejalankan tugas ketahanan pangan.

“Operasi militer selain perang yaitu membantu masyarakat, kepolisian dan pemda, salah satunya mengantisipasi kemarau panjang, yang sudah dilaksanakan Kodim 0605 Subang selama ini dengan baik,” ujarnya.

Dia berharap keberadaan Kodim 0605 Subang ditengah tengah masyarakat, harus bisa dirasakan oleh masyarakat, dalam bidang sosial, politik, budaya, dan pertahanan keamanan, juga penanganan bencana kekeringan, harus diantisifasi TNI-AD agar penanaman padi itu tidak terpaku di saat musim penghujan saja, tetapi juga di saat musim kemarau ini.

Pada kesempatan yang sama, Kasdim 0605 Subang Mayor (Inf) Deni Zaenal Mutakin mengatakan, uji validasi dan realibilitas ini positif untuk meningkatkan kinerja TNI-AD khusus Kodim 0605 Subang.

“Banyak masukan yang positif dari unsur masyarakat, Kepolisian dan Pemkab Subang, bahwa keberadaan Komando Kewilayahan terkait dengan tugas pokok TNI selain perang, yaitu membantu masyarakat, kepolisian dan pemerintah daerah,”pungkasnya.

(anr)

Loading...

loading...

Feeds

BPJSTK Mengajar Edukasi Pelajar SD Cibentar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat berbagi ilmu pengetahuan dan memberikan semangat kepada siswa Sekolah Dasar (SD) …