Aktivitas Tangkuban Parahu Masih Tinggi

MEMBERSIHKAN: Seorang petugas sedang membersihkan sisa abu vulkanik beberapa waktu lalu di sekitaran Kawah Ratu.
(foto: MOCH.HABIBI/RADAR BANDUNG)

MEMBERSIHKAN: Seorang petugas sedang membersihkan sisa abu vulkanik beberapa waktu lalu di sekitaran Kawah Ratu. (foto: MOCH.HABIBI/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Aktivitas vulkanik Gunung Tangkubanparahu yang terletak di Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang masih tinggi.


Sudah lebih dari dua pekan gunung berbentuk perahu terbalik itu tidak mengalami penurunan aktivitas vulkanik. Sampai sekarang, PVMBG masih belum mencabut status Waspada (Level II).

Kepala Bidang Mitigasi Gunungapi pada Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Dr. Hendra Gunawan, mengatakan pihaknya mencatat hingga kini, masih mengalami tremor menerus (microtremor) dengan amplitudo 5-35 mm (dominan 15 mm).

“Dari hasil pengamatan pukul 06.00-12.00 WIB hari ini, asap teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi sekitar 130 meter dari dasar Kawah Ratu,” kata Hendra Gunawan, Kamis (22).

Hendra mengimbau, masyarakat di sekitar Gunung Tangkubanparahu dan wisatawan agar tidak mendekati kawah yang ada di puncak gunung dalam radius 1,5 kilometer dari kawah aktif.

Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Tangkubanparahu direkomendasikan untuk sementara ditutup sampai jarak aman tersebut.

“Masyarakat di sekitar Gunung Tangkubanparahu diharap tenang, beraktivitas seperti biasa. Tidak terpancing isu-isu tentang terjadinya letusan dan harap selalu mengikuti arahan Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) setempat,” imbaunya.

(bie)

Loading...

loading...

Feeds

Rina Gunawan Meninggal Dunia

Rina Gunawan, istri dari Teddy Syach dikabarkan meninggal dunia pada hari ini Selasa (2/3). Kabar duka tersebut dibenarkan sang manajer.

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …